Wirid dan Zikir Hari Jumat Menghapuskan Dosa Orang Tua dan Terpelihara Iman Kita

 
Wirid dan Zikir Hari Jumat Menghapuskan Dosa Orang Tua dan Terpelihara Iman Kita
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.id, Jakarta - Salah satu zikir yang dianjurkan dalam Islam  setelah salat Jumat dilaksanakan adalah membaca Subhaanallaahil ‘Azhiimi Wa Bihamdihii sebanyak seratus kali, Allah akan mengampuni seratus ribu (100.000) dosa kita dan dosa orang tua kita sebanyak dua puluh empat ribu (24.000)

Zikir Hari Jumat Lainnya 

Sayid Abdul Wahab Asy Sya'rani berkata bahwa barangsiapa yang melanggengkan membaca dua syair berikut di setiap hari Jumat, maka Allah akan mencabut nyawanya dalam keadaan tetapnya Islam tanpa diragukan sama sekali keislamanya.


Adapun dua syair tersebut adalah:


إِلَهـيْ لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلًا * وَلَا أَقْوَى عَلَى نَارِ الْجَحِيْمِ

فَهَبْ لِيْ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبِيْ * فَإِنَّكَ غَــــــافِرُ الذَّنْـبِ الْعَظِيْمِ


Ilahî lastu lil fiirdausi ahlâ * wa lâ aqwâ 'alâ nâril jahîmi

Fahabli taubatan waghfir dzunîbî * fa innaka ghâfirudz dzanbil 'adhîmi


Artinya: “Ya Tuhanku, aku bukanlah orang yang pantas menjadi ahli surga. Tapi aku pun tidak kuat bila harus tinggal di neraka. Maka, anugerahi kemampuan bertobat dan ampunilah dosa-dosaku. Karena sesungguhnya Engkau mahapengampun segala dosa besar.”

Metode dan cara membacanya menurut  para ulama adalah dibaca sebanyak lima kali setelah melaksanakan ibadah shalat Jumat.

Berdasarkan dari rangkaian zikir singkat tersebut di atas, sederhana dan mudah serta sangat singkat. Tinggal maukah kita mengamalkannya?[]


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 14 September 2018. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

_________

Penulis: Helmi Abu Bakar El-Langkawi Pegiat Literasi asal Dayah MUDI Samalanga 

Editor: Athallah