Rutinitas Shalat Dhuha dapat Melatih Sisi Emosional dan Spiritual

 
Rutinitas Shalat Dhuha dapat Melatih Sisi Emosional dan Spiritual
Sumber Gambar: Ilustrasi/Laduni.ID

Laduni.DI, Jakarta - Benarkah dengan rutin melaksanakan shalat Dhuha dapat membuka pintu rezeki? Pengertian dibukakan pintu rezeki itu bukan hanya diberi kekayaan dan kesuksesan material. Namun, lebih pada tertanamnya kemampuan untuk mengelola diri agar mendapatkan kecerdasan emosional-spiritual.

Dalam bahasa Ary Ginanjar Agustian, ia menyebutnya dengan istilah Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Shalat Dhuha dapat melatih sisi emosional dan spiritual kita. Dengan kekuatan emosional dan spiritual, tantangan hidup, dunia kerja, atau segala usaha bisnis mampu dikelola dengan baik. Sehingga secara tidak disadari pintu rezeki terbuka lebar.  

Lantas untuk itulah, Rasulullah menganjurkan kepada umatNya untuk menunaikan ibadah shalat Dhuha. Salah satu keuntungan yang akan di peroleh dengan melaksanakan ibadah ini, kita mampu untuk menghadapi rintangan dan hambatan di dunia, aktifitas dan realitas kehidupan secara arif, dewasa, tenang dan tentram.

Efektifitas dari ibadah itu kecerdasaan emosional dan spiritual akan terarah, profesionalinitas dan produktifitas kerja di junjung lebih tinggi. Kunci beraktifitas di peruntukan untuk memperoleh ridha ilahi

Terhadap seorang penuntut ilmu. Efektifitas shalat di pagi hari dalam bingkai shalat dhuha, memotivasikan mereka menjadikan sekolah,universitas dan lembaga pendidikan sebagai ladang untuk menuai pahala dan segudang prestasi. Kemudian relasivitasi dengan guru, orang tua, tetangga dan masyarakat semua juga akan terjalin dengan harmonis, begitu juga terhadap seorang ibu dan ayah, berkeluarga akan menjadikan mereka sebagai ladang untuk menyemai bibit penerus  dan peradaban Islam.

Mereka yang beraktifitas berada di bawah naungan perusahan dan berposisi sebagai manajer dengan shalat dhuha akan menjawab dan menetramkan berbagai macam problema dan keresahan jiwa. Bahkan yang paling esensial,perasaan dan kegoncangan jiwa dari keputus asaan akan terpelihara dengan asumsi bahwa Allah selalu melindung dan melihat hamba-Nya dalam setiap lantunan doa dan sujud dalam shalat dhuha. Dengan sendirinya hidup kita pun akan selalu dihiasi dengan sikap percaya diri dan optimism yang tinggi.

Dalam bahasa yang simple, shalat dhuha itu akan memompa semagat hidup dengan suplemenenergi luarbiasa di dalamnya. Kekuatan energitersebut akan membuat dan membentuk karakter hidup lebih terarah, percaya diri, kuat, kukuh, istiqamah, optimism dan berani dalam mengambil keputusan terlebih di saat yang genting dan darurat demi sebuah kesuksesan. Benarkah demikian?

Jawabannya perlu dilakoni sendiri agar lebih auqa’binafsih (menyentuh dalam hati) di tambah dengan terus membaca berbagai referensi tentang kelebihan dan kedahsyatan shalat dhuha itu sendiri sehingga secara riil mampu menyalami dan memahami ibadah dhuha ini. Efek positif shalat Dhuha lainnya adalah hidup akan terasa nyata. Salah satu efek positifnya adalah pintu rezeki terbuka lebar sehingga Anda dapat mengoptimalkan perbaikan kondisi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa.

Wallahu ‘Allam Bishawab

Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Aceh


Editor: Daniel Simatupang