Peristiwa di Hari Asyura 10 Muharram

 
Peristiwa di Hari Asyura 10 Muharram
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

LADUNl.lD, Jakarta -. Hari Asyura adalah hari yang diistimewakan dalam agama tauhid, ini terlihat dari banyaknya peristiwa-peristiwa penting yang terjadi mulai dari penciptaan dunia, hingga Nabi Isa AS yang diangkat kelangit pun terjadi di hari Asyura Muharram ini.

Imam Ibnu Hajar al-Asqalany mengataka siapa saja yang membaca doa ini pada hari Asyura /10 Muharram, maka Allah tidak akan mematikan hatinya. 

سُبْحَانَ اللَّهِ مِلْءَ الْمِيزَانِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ. وَاْلحَمْدُ للهِ مِلْءَ الْمِيزَانِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ. وَاللهُ اَكْبَرُ مِلْءَ الْمِيزَانِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَي مِنَ اللهِ إِلاَّ اِلَيْهِ. سُبْحَانَ اللَّهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا. وَاْلحَمْدُ للهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا. وَاللهُ اَكْبَرُ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا. أَسْأَلُكَ السَّلَامَةَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَلَا حَوْلَا وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ اْلعَلِيُّ اْلعَظِيْمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ وَاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.

Imam Ajhury mengatakan siapa saja yang membaca doa ini sebanyak 70 x maka Allah pelihara dirinya dari keburukan dalam tahun tersebut. 

حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ نِعْمَ اْلمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

 

Selanjutnya terdapat pula beberapa peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dalam Hari Asyura bulan Muharram ini, Syaikh Abu Bakar Syatho dalam kitab I’anatut Thalibin Juz II hal. 267 menjelaskan tentang keutamaan Hari ‘Asyura (tanggal 10 Muharram). Pada hari itu banyak terjadi peristiwa-peristiwa besar, antara lain:

1. Allah menerima taubat Nabi Adam AS

2. Allah mengangkat Nabi Idris AS ke tempat yang tinggi.

3. Allah mengeluarkan Nabi Nuh AS dari perahunya.

4. Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari pembakaran api Raja Namrud.

5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa AS (dalam riwayat lain, laut merah terbelah 2 untuk menyelamatkan Nabi Musa AS dari kejaran Fir’aun).

6. Nabi Yusuf AS dikeluarkan dari penjara.

7. Kembalinya penglihatan Nabi Ya’qub AS.

8. Nabi Ayyub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritanya.

9. Nabi Yunus AS dikeluarkan dari perut ikan.

10. Nabi Daud AS diampuni kesalahannya.

11. Allah menganugerahkan kerajaan yang besar kepada Nabi Sulaiman AS.

12. Nabi Muhammad SAW diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang.

13. Awal hari Allah menciptakan dunia.

14. Awal hari Allah menurunkan hujan dari langit.

15. Rahmat Allah pertama kali diturunkan ke bumi.

16. Allah menjadikan ‘Arasy.

17. Allah menjadikan Lauhul Mahfuzh.

18. Allah menjadikan alam.

19. Allah menjadikan Malaikat Jibril.

20. Nabi Isa AS diangkat ke langit.

Berdasarkan dari peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut, dapat ditarik sebuah kesimpulan umum bahwa sangat banyak kasih sayang Allah Swt yang tercurahkan di bulan Muharram terutama pada hari ‘Asyura, maka dari itu sangat disayangkan jika kita melewati hari ‘Asyura dengan sia-sia tanpa amalan dan peningkatan ibadah kepada Allah Swt.
Semoga Allah Swt memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua untuk selalu beribadah dan patuh terhadap perintah-Nya. Semoga!


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 18 September 2018. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

_______

Penulis: Helmi Abu Bakar El-Langkawi

Editor: Athallah