Alangkah Bahagianya Berbakti  kepada Orang Tua

 
Alangkah Bahagianya Berbakti  kepada Orang Tua


LADUNI.ID, KOLOM- Dalam merealisasikan nilai rabithah itu mencakup segala aspek, bukan hanya dalam ibadah saja yang vertical bahkan realisasi terhadap orang tua dalam dimensi birul walidain (berbuat baik kepada kedua orang tua)pun, nilai rabithah menjadi sebuah nilai yang sangat sakral dalam hal ini. Salah satu kebahagian orang tua yang tidak bernilai adalah ketika mereka mendengar suara tangisan bayi lahir melihat dunia ini yang merupakan amanah dan titipan  Allah kepada mereka. 

Orang tua akan merawat bayi tersebut dengan penuh kasih sayang dan tanpa pamrih. Mendidik dan Membesarkannya dengan penuh rasa cinta dan tulus ikhlas, bahkan rela berkorban agar anaknya dapat terus bertahan hidup dan bahagia walaupun orang tua kita tidak pernah mengungkapkan sepatah katapun ungkapan keluh kesah, mengeluh. Terkadang mereka mengayomi dan merawat kita dengan untaian air mata dan kepiluan yang mendalam, mereka simpam rapat-rapat dalam hatinya. Jangankan suara tidak boleh terdengar, “aroma” saja tidak boleh tercium. 

Memang seperti itulah perhatian orang tua kepada anaknya, terlebih khususnya sang “ummi”. Dikisah kan dari Abu Hurairah, ada seorang yang bertanya, “Ya, Rasulullah siapakah orang yang paling berhak saya perlakukan dengan baik?” Nabi menjawab: “Ibumu, kemudian ibumu, kemudian ibumu, kemudian bapakmu, kemudian kerabat yang dekat dan yang dekat.” (HR Muslim. no 6665).

Salah satu kewajiban anak yakni membalas kebaikan kedua orang tuanya dengan cara berbakti kepada mereka. Secara esensinya seorang anak tidak akan mampu membalas kebaikan kedua orang tuanya meskipun dia bersungguh-sungguh berbuat baik kepada mereka. Pernyataan tersebut dikatakan oleh Rasulullah dalam sebuah hadist:, “Seorang anak tidak akan dapat membalas jasa kedua orang tuanya, kecuali ia dapati (orang tua) nya sebagai seorang hamba sahaya, lalu dia membelinya kemudian memerdekakannya.” (HR. Muslim: 20, kitab Al-‘Itqu, hal. 25-26) ). 

“Birrul Walidain” (berbakti kepada orang tua) merupakan amal shalih yang sangat mulia dan agung, bahkan terlebih utama dibandingkan jihad fisabilillah. Diceritakan dari Ibnu Mas’ud, beliau berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wa sallam, Pekerjaan apakah yang paling dicintai Allah?’ Beliau menjawab, “Mendirikan shalat tepat pada waktunya.” ‘Kemudian apa?’ Tanyaku. Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya, ‘Kemudian apa?’ Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Wallahul Muwafiq Ila’aawamith Thariq, 
Wallahu ‘Allam Bishawab
Helmi Abu Bakar El-Langkawi
Staf pengajar Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga