Ini Tiga Hal yang Harus Dimiliki Guru dan Murid

 
Ini Tiga Hal yang Harus Dimiliki Guru dan Murid

Setiap manusia pasti pernah menjadi seorang guru. Setidaknya guru untuk anak-anak dan keluarganya, atau untuk orang-orang di sekitarnya. Dan sebelum menjadi guru, tentu harus menjadi seorang murid.

Guru bukan hanya mereka yang duduk di depan para murid atau tempat-tempat pendidikan. Tetapi di manapun dan kapanpun, seseorang butuh pada guru. Hal ini bila dipahami bahwa guru adalah siapapun yang pernah memberi ilmu.

Walaupun begitu, tak jarang guru bosan saat memberikan pelajaran pada muridnya. Murid pun terkadang  merasakan hal yang sama. Sehingga yang terjadi, guru yang seharusnya mendidik muridnya dengan kasih sayang,  tidak bisa melakukan sebagaimana mestinya. Dan murid juga tidak bisa menghormati guru yang merupakan kewajibannya.

Kemudian, bagaimana agar keduanya tidak bosan, bahkan bisa merasakan kenikmatan saat proses belajar mengajar?. Syaikh Nawawi al-Jawi menulis dalam muqoddimah salah satu kitabnya Tausyih Ibn Qosim, mengatakan: ketika terdapat 3 hal dalam diri guru dan murid maka sempurnalah kenikmatan belajar.

Nah, apa saja 3 hal itu?. Pertama,  mempunyai hati dan pikiran, Kedua, berbudi baik. Dan yang ketiga, baik pemahamannya.

Sementara 3 hal yang harus dimiliki murid yaitu; sabar, tawadhu, dan berbudi baik.

Melalui penjelasan maqolah tersebut, bisa kita ambil kesimpulan bahwa bila menginginkan proses belajar mengajar berjalan dengan nyaman, juga saling mendapat manfaat, maka keduanya harus minimal memiliki 1 diantara 3 hal penting tersebut, yaitu berbudi yang baik.