Pesantren Al-Ghozaliyah Jombang

 
Pesantren Al-Ghozaliyah Jombang

Profil

Pesantren Al-Ghozaliyah Jombang didirikan oleh KH. Sholihin Hamzah, pesantren ini berada di desa yang berada di Kecamatan Jogoroto yaitu di Dusun Sidowaras, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Seiringan perkembangan pesantren Al-Ghozaliyah kini telah berkembang menjadi pesantren modern dengan mendirikan pendidikan formal dari Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ghozaliyah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ghozaliyah, Madrasah Aliyah (MA) Ghozaliyah.

Pesantren Al-Ghozaliyah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap guna mendukung dalam pendidikan di Pesantren Al-Ghozaliyah.

Sejarah

Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah didirikan di salah satu desa yang berada di Kecamatan Jogoroto yaitu di Dusun Sidowaras, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 mengenai Pemerintah Daerah (Pemda) mendefinisikan desa sebagai suatu masyarakat yang terikat dengan hukum dan diberikan batas-batas untuk setiap wilayah. Hal tersebut dilakukan agar terdapat
kewenangan dalam mengurusi maupun mengatur segala kepentingan yang menyangkut masyarakat di wilayah tersebut. Dengan memperhatikan nilai-
nilai adat istiadat dan asal-usul masyarakat setempat sesuai kesepakatan yang berlaku.

Latar Belakang pendirian Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah berawal dari KH. Sholihin Hamzah yang mendirikan Pondok Pesantren Al-Ghozaliyah, tentunya dengan dukungan dari pihak-pihak tertentu.

Walaupun saat itu jumlah santrinya masih sedikit karena masih banyak yang belum mengenal pondok tersebut. Namun, KH. Sholihin Hamzah tidak putus asa karena tujuan awalnya meningkatkan pendidikan yang merata di kalangan masyarakat menengah bawah di Desa Sumbermulyo. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya pendapatan yang melemahkan perekonomian masyarakat setempat.

Sehingga masyarakat tidak mengutamakan pendidikan, dampaknya Desa Sumbermulyo tergolong dengan masyarakat yang tingkat pendidikannya rendah. Kemudian, para tokoh maupun kader masyarakat Desa Sumbermulyo mempunyai semangat untuk melanjutkan cita-cita yang diinginkan KH. Sholihin Hamzah dengan mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah yang di dalamnya terdapat beberapa unit pendidikannya.

Alasan didirikannya Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah di Desa Sumbermulyo, karena adanya kesepakatan dari para tokoh dan masyarakat setempat terkait keinginannya untuk mendirikannya di Desa Sumbermulyo tepatnya di Dusun Sidowaras. Selain itu, adanya dukungan materiel dari KH. Sholihin Hamzah berupa tanah di wilayah tersebut sisa dari tempat pembuatan batu-bata. Dengan adanya kerjasama dari berbagai pihak, maka pendirian Yayasan Pendidikan Islam Al-Ghozaliyah dapat berjalan sesuai rencana.

Dalam pengambilan nama di setiap unit pendidikan diberikan akhiran kata Al-Ghozaliyah karena dasarnya penamaan diambilkan dari nama yayasan. Pemberian nama Yayasan Pondok Pesantren Al-Ghozaliyah yang dilakukan KH. Sholihin Hamzah diambil dari nama Imam Ghazali.

Beliau merupakan seorang pengarang kitab Ihya’ Ulumuddin, Ihya’ artinya murid-murid dan Ulumuddin artinya ilmu agama. Selain itu, Imam Ghazali juga pengarang kitab Bidayatul Hidayah yang di dalamnya mengandung isi tentang fiqih. Maka, berdasarkan kedua sumber kitab tersebut dijadikan alasan dan pedoman KH. Sholihin Hamzah dalam memberikan nama Al-Ghozaliyah.

Harapan KH. Sholihin Hamzah dengan pemberian nama tersebut supaya murid-muridnya bisa menyerap ilmu-ilmu dari Imam Ghazali. Sehingga di setiap unit pendidikan yang diutamakan adalah ilmu agama. Adapun unit pendidikan di dalamnya mulai dari Madrasah Diniyah Al-Ghozaliyah didirikan pada tahun 1980, Raudlatul Athfal Muslimat Al-Ghozaliyah berdasarkan SK Pendirian didirikan tahun 1985, Kelompok Bermain Al-Ghozaliyah berdiri pada tahun 2015, Madrasah Ibtidaiyah Al-Ghozaliyah berdasarkan Piagam Pendirian/ Operasional Madrasah Nomor: MIS/17.0075/2016 berdiri tahun 1984,67 Madrasah Tsanawiyah Al-
Ghozaliyah berdasarkan bukti tertulis dari Piagam Pendirian/ Operasional Madrasah Nomor: MTsS/17.0035/2016 pada tahun 1989 mulai berdirinya, dan Madrasah Aliyah Al-Ghozaliyah berdiri tahun 1991 didasarkan pada Piagam Pendirian/ Operasional Madrasah Nomor: MAS/17.0040/2016.

Pendiri
KH. Sholihin Hamzah

Pengasuh
1. KH. Sholihin Hamzah
2. KH. Minachul Karim
3. KH. Nasrullohil Alim
4. KH. Abu Hayyilah Al-Hamzawi

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. RA
2. MI
3. MTs
4. MA
5. Tahfid Qur'an
6. Madin

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidz Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Muhadlarah
5. Muhadats Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
6. Ziarah
6. Musyawarah Ma’hadiyah

7. Pendidikan Baca al-Qur’an
8. Diskusi Ilmiah 
9. Hadrah/Rebana
10. Pengembangan Berbagai Olahraga: Senam, Sepakbola, Voli, Basket, Beladiri, Bulutangkis, Tenis meja
11. Keterampilan Wirausaha
12. Drumb Band
13. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
14. Bahasa Asing
15. Pramuka, PMR, OSIS

16. Diskusi dan Penelitian Ilmiah


Mutholaah kitab kuning
di pesantren Al-Ghozaliyah Jombang


Hadrah
di pesantren Al-Ghozaliyah Jombang di pesantren Al-Ghozaliyah Jombang

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Gedung Asrama Putra
3. Gedung Asrama Putri
4. Gedung Sekolah
5. Kantor
6. Aula
7. Rumah Pengasuh
8. Laboratorium Bahasa
9. Laboratorium Komputer
10. Laboratorium IPA
11. Lapangan
12. Klinik Kesehatan Santri
13. Gudang
14. Ruang Tamu
15. Sanitasi/MCK


Gedung sekolah di pesantren Al-Ghozaliyah Jombang


Gedung pesantren di pesantren Al-Ghozaliyah Jombang

Alamat

Desa Sumbermulyo kec. Jogoroto Kab. Jombang, Jawa Timur
Kode Pos: 61485
Telepon :  (0321) 861338

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.