STITNU Al Hikmah Mojokerto

 
STITNU Al Hikmah Mojokerto

PROFIL
Berawal dari permintaan para kepala MA se-Kabupaten Mojokerto itulah, di Padepokan Raudlatul Ulum berencana mendirikan MA unggulan sebagai pengembangan dari MA-Plus Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto. Tetapi setelah Muhsinin Cholish mendapat undangan Konvensi Nasional I Pesantren Kejuruan di BPPT Jakarta 13-14 Agustus 1996, maka ide MA unggulan itu dialihfungsikan menjadi MA Model.

Setelah diadakan pembenahan lantai II Padepokan Raudlatul Ulum, dan juga penambahan kamar untuk asrama santri, maka dewan pengasuh Padepokan Raudlatul Ulum mulai tahun pelajaran 1997/1998 menerima santri baru MA Raudlatul Ulum. Setelah MA Raudlatul Ulum menerima siswa, dua bulan berikutnya Drs. Muhsinin Cholish selaku kepala madrasah mendapat bea siswa S2 di Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan Pogram Pascasarjana  Institut Pertanian Bogor.

Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum terus berbenah di antaranya tahun 1999 mendirikan 2 bangunan berlantai dua di atas ruang keluarga KH. Nur Cholish Ahmad, namun perkembangan PMB yang kurang menjanjikan, pada bulan Juli 1999 lokasi kelembagaan MA Raudlatul Ulum dipindah di Trowulan Mojokerto.

Sejalan dengan tekad pengembangan pada akhir 1999 tanah telah didapatkan di Desa Watesumpak Trowulan, dan peletakan pondasinya pada Januari 2001. Dan secara resmi ditempati pada bulan Mei 2003 dengan 1 ruang kantor, 1 ruang kelas permanen dan 1 kelas semi permanen. Memasuki  tahun 2005/2006 kondisi MA Raudlatul Ulum dapat membeli lahan pengembangan seluas 2 Ha. Melihat perkembangan sarana, prasarana dan SDM yang dimiliki Yayasan Al-Hikmah.

Dari potensi tersebut memungkinkan untuk mengembangkan jenjang pendidikan menjadi perguruan tinggi. Di pihak lain LP Maarif NU Kabupaten Mojokerto mempunyai program setara D1 dalam bentuk Pendidikan Guru Pengajar Al Quran (PGPQ) yang berjalan sejak 1993 dan peminatnya ratusan mahasantri tiap tahun, bahkan sejak Muhsinin Cholish ditunjuk menjadi ketua LP Maarif kabupaten Mojokerto peminat PGPQ semakin semarak sehingga dalam memasuki tahun akademik 2010/2011 memwisuda 245 mahasantri.

Dan pada Tahun Akademik 2011/2012 ada 250 mahasantri PGPQ dan 50 mahasantri PG MD, Madrasah Diniyah. Maka Sebagai wujud dari aspirasi berbagai komponen masyarakat di Kabupaten Mojokerto maka dicapai suatu kesatuan tekad untuk membentuk  Perguruan Tinggi  Swasta  yang dapat mewadahi  berbagai kepentingan kelompok masyarakat.

Setelah melalui  berbagai pembahasan dan survei  lapangan  yang  mendalam maka disepakati untuk mendirikan sebuah PTS di Mojokerto, dibawah penyelenggaraan Yayasan Al-Hikmah. Berdasarkan PP 17 dan 66 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, maka dimulailah tahapan pengajuan proposal ke Dirjen Pedidikan Islam Depag  RI,  untuk mendirikan Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif NU Al-Hikmah  (STITNU) AL Hikmah Mojokerto
PRODI
Fakultas Tarbiyah  :
1.Program Studi S1 Pendidikan Guru MI/SD  (PGMI/SD)
2.Program Studi S1 Pendidikan Guru RA/PAUD (PGRA/PAUD)
3.Program Studi S1 Pendidikan Guru Madin (PGMADIN)
Fakultas Syari’ah :
1.Program Studi D3 Perbankan Syariah.(BS)
2.Pogram Studi S1 Ekonomi Syari’ah (ES)
FASILITAS
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gedung Balai Pengobatan
6. Laboratorium Soal Madrasah
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan
 ALAMAT
Jl. Hayam Wuruk No. 31, Watesumpak, Trowulan, Mojokerto, 61362
Telepon: (0321) 391424
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://stitnualhikmah.ac.id
 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.