Ada Apa di Separuh Ramadlan di Hari Jumat?

 
Ada Apa di Separuh Ramadlan di Hari Jumat?

LADUNI.ID, Sudah beredar video yang menggambarkan keadaan hari pertengahan Ramadlan yang terjadi pada hari Jum'at. Seolah seperti kiamat, dan ditampilkan sebuah hadis.

Hadis tersebut memiliki beberapa jalur sanad, kesemuanya bermasalah dan tidak selayaknya ditampilkan. Diantara riwayat yang senada adalah:

ﻭﻋﻦ ﻓﻴﺮﻭﺯ اﻟﺪﻳﻠﻤﻲ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: " «ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺻﻮﺕ ". ﻗﺎﻟﻮا: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ، ﻓﻲ ﺃﻭﻟﻪ ﺃﻭ ﻓﻲ ﻭﺳﻄﻪ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﻩ؟ ﻗﺎﻝ: " ﺑﻞ ﻓﻲ اﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﺇﺫا ﻛﺎﻧﺖ ﻟﻴﻠﺔ اﻟﻨﺼﻒ ﻟﻴﻠﺔ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﻳﻜﻮﻥ ﺻﻮﺕ ﻣﻦ اﻟﺴﻤﺎء ﻳﺼﻌﻖ ﻟﻪ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻔﺎ [ ﻳﺨﺮﺱ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻔﺎ، ﻳﻌﻤﻰ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻔﺎ] 
ﻭﻳﺼﻢ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻔﺎ ".

Dari Fairuz Dailami bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Akan ada suara di bulan Ramadlan" Sahabat: "Wahai Rasulullah apakah di awal, tengah atau akhir Ramadlan?" Nabi: "Bahkan di pertengahan Ramadlan. Jika separuh Ramadlan adalah malam Jumat maka akan ada suara dari langit. Yang menyebabkan 70 ribu malaikat pingsan, 70 ribu malaikat jadi tuli, 70 ribu malaikat jadi buta, 70 ribu malaikat jadi bisu"

ﻗﺎﻟﻮا: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ، ﻓﻤﻦ اﻟﺴﺎﻟﻢ ﻣﻦ ﺃﻣﺘﻚ؟ ﻗﺎﻝ: " ﻣﻦ ﻟﺰﻡ ﺑﻴﺘﻪ ﻭﺗﻌﻮﺫ ﺑﺎﻟﺴﺠﻮﺩ ﻭﺟﻬﺮ ﺑﺎﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻟﻠﻪ. ﺛﻢ ﻳﺘﺒﻌﻪ ﺻﻮﺕ ﺁﺧﺮ، ﻓﺎﻟﺼﻮﺕ اﻷﻭﻝ ﺻﻮﺕ ﺟﺒﺮﻳﻞ ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ ﺻﻮﺕ اﻟﺸﻴﻄﺎﻥ، ﻓﺎﻟﺼﻮﺕ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﻭاﻟﻤﻌﻤﻌﺔ ﻓﻲ ﺷﻮال .... » ".

Sahabat bertanya: "Siapa yang selamat dari umat mu wahai Rasulullah?" Nabi: "Yaitu orang yang menetap di rumahnya, berlindung dengan sujud, dan mengeraskan takbir karena Allah." Lalu akan disusul dengan suara yang kedua. Suara yang pertama adalah suara Jibril. Yang kedua adalah suara syetan. Suara itu akan terjadi di bulan Ramadlan. Suara perang terjadi di bulan Syawal...."

Al-Hafidz Al-Haitsami berkata:

ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ، ﻭﻓﻴﻪ ﻋﺒﺪ اﻟﻮﻫﺎﺏ ﺑﻦ اﻟﻀﺤﺎﻙ ﻭﻫﻮ ﻣﺘﺮﻭﻙ.

Diriwayatkan oleh Thabrani, di dalamnya ada Abd Wahhab bin Dlahhak, dia perawi yang ditinggalkan

Sementara dari kalangan pendaku Salafi, seperti Syekh Albani dan murid-muridnya menvonis sebagai hadis palsu. Demikian halnya Imam Ibnu Jauzi dan lainnya.