Bulan Safar #2: Bulan Kisah dan Sejarah Mengharukan

 
Bulan Safar #2: Bulan Kisah dan Sejarah Mengharukan

LADUNI. ID, HIKMAH- Bebicara bulan Safar, tidak sedikit sejarah dan sangat anyak kisah dan sejarah yang diabadikan di bulan ini sebagai renungan dan rujukan kepada kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Di antara kisah yang diabadikan dalam sejarah Islam pada bulan Safar menempatkan peristiwa-peristiwa penting tersebut berkaitan dengan perkembangan Islam dari zaman Rasulullah. Diantar seharah tersebut yaitu:

Pertama, pernikahan Rasulullah dengan Khadijah binti Khuwailid. Menurut beberapa sumber, Rasulullah menikahi Khadijah pada bulan Safar. Menurut Sirah Nabawiyah yang ditulis oleh Syeikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri, Rasulullah muda menikahi Khadijah atas prakarsa Nafisah binti Munabbih. Mahar yang diberikan Rasulullah berupa unta 20 ekor. Jarak usia lebih tua Khadijah 15 tahun.

Kedua, Tragedi Ar Raji’. Pada tahun 3 H bulan Safar datanglah kepada Rasulullah kaum dari Bani ‘Adhal dan al-Qaarah dan menyatakan bahwa mereka masuk Islam.

Dalam Zaadul Maad dikisahkan, kedua kabilah itu meminta dikirim orang-orang yang dapat mengajarkan mereka tentang Islam dan membacakan kepada mereka Alquran. Rasulullah mengutus kepada mereka enam orang.

Ibnu Ishaq dan al-Bukhari menyebutkan, sepuluh orang yang dipimpin oleh Mursyid bin Abi Mursyid al-Ghanawi, yang salah satunya Khabib bin Adi. Namun, ketika rombongan sampai pada suatu tempat bernama Ar Raji’ dua kabilah tersebut berkhianat.

Para utusan Islam dibantai dengan dibantu oleh kabilah Hudzail dan menawan Khabib bin Adi dan Zaid bin ad-Datsiah. Kemudian keduanya dijual di Mekkah. Mereka berdualah yang nantinya membunuh tetua kabilah Hudzail pada perang Badar.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal dayah MUDI Masjid Raya Samalanga