Kali Item Nasibmu Kini Setelah Usai Perhelatan Asian Games, Tidak Terawat

 
Kali Item Nasibmu Kini Setelah Usai Perhelatan Asian Games, Tidak Terawat

LADUNI.ID, Jakarta -  Kali Item ltak kini tidak lagi mendapatkan perhatian dari pemerintah provinsi DKI Jakarta, usai perhelatan Asian Games 2018. Jaring penutup alias waring Kali Item juga tak terawat dan tidak enak dipandang terlihat sampah-sampah berserakan sisa makanan dan botol plastik

Kondisi waring saat ini mulai terlihat berbeda dibandingkan jelang dan saat perhelatan Asian Games bulan Agustus. Kondisi waring mengendur sampai menyentuh ke permukaan air. Ada juga lubang-lubang pada waring.

Seorang warga bernama Suryani mengatakan kondisi waring tak terawat terjadi sejak perhelatan Asian Games selesai. Dia mengaku jarang melihat peugas membersihkan waring.

"Sudah lama ini (waringnya kotor), ya itu selesai Asian Games 2018 saja. Sekarang jarang saya lihat petugas bersihin waring, biasanya kan ada juga yang bersihin atas warungnya," ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Sedangkan tumpukan sampah di permukaan waring disebut Suryani akibat ulah warga sekitar. Warga asal membuang sampah saat berkumpul di pinggir Kali Item.

"Ya kalau malam kan banyak warga yang suka nongkrong, kaya anak mudah pada suka duduk-duduk di situ (pinggir kali). Mungkin ya itu buangnya pada ke waring," kata dia.

Selain itu, aroma tak sedap masih tercium saat angin bertiup. Alat khusus yang dipasang sebelum Asian Games sudah dicopot.

"Iya masih bau ini mah, apalagi kalau lagi angin ketiup kencang, terus juga alat yang dipasang itu udah copot. Terus petugas biasanya nyemprot sudah nggak ada, jadi makin kerasa baunya," tutur Suryani

Sama halnya yang dirasakan Sari, penjual minuman di sekitar Kali Item. Sari juga mengaku terganggu bau tak sedap dari kali.

"Kadang kalau ada angin memang kecium," katanya.