Mengkader Generasi Bangsa, Banser Sokaraja Gelar Diklatsar

 
Mengkader Generasi Bangsa, Banser Sokaraja Gelar Diklatsar

LADUNI.ID, Banyumas - Sejumlah pemuda yang berniat mau mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang digelar oleh PAC Ansor Sokaraja, mulai memadati Lapangan Desa Lenberanag Kecamatan Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah, pada Jumat (16/11).

Seorang pemuda berpakaian jas hijau di sebelah kiri Lapangan, terlihat sedang sibuk di depan laptopnya. Satu persatu pemuda yang datang langsung bergerak menemuinya untuk melakukan verifikasi teks pendaftaran peserta.

Adapun ratusan pemuda yang datang itu berasal dari berbagai wilayah se Kabupaten Banyumas. Selama tiga hari mereka digembleng, pemberian materi dan diskusi kebangsaan, kebinekaan, keorganisasian, dan kepemimpinan untuk bekal berjuang mengawal Nahdlatul Ulama.

"Diklatsar adalah syarat utama yang harus diikuti oleh Banser," tutur Air Kurniato, Ketua PAC Ansor Sokaraja.

Ari kemudian menjelaskan, yaitu Diklatsar yang digelar tersebut untuk mengkader generasi muda NU, agar berkualitas dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap negara, serta mewadahi mereka dalam sebuah organisasi yang teratur dan terorganisir.

"Ini menjadi ikhtiar kecil kami untuk mengkader generasi bangsa, agar memiliki loyalitas yang tinggi terhadap NKRI," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Ansor Banyumas Jaed mengatakan, Ansor Banser mengunjungi sebuah organisasi utama, Ansor didirikan oleh para Kiai dan didoakan oleh para Ulama.

"Jadi, setiap hari banyak yang membully Ansor, namun Ansor akan tetap tegak. Setiap minggu selalu bertambah," jelas Jaed, pada Senin (19/11) seperti dilansir dari NU Online.

Lebih dari itu, Jaed menghimbau kepada para peserta Diklatsar agar selalu menumbuhkan jiwa perjuangan dan semangat menyebarkan Islam Rahmatal Lil Alamin seperti yang telah dicontohkan oleh Sahabat Ansor di zaman Rasulullah.

"Kita tidak pernah patah semangat untuk selalu menyebarkan informasi kepada masyarakat, baik melalui dunia nyata maupun melalui media sosial, kita harus optimis apa yang kita perjuangkan adalah sebuah kebenaran," lanjutnya.

Jaed juga pesan untuk semua anggota Ansor dan Banser agar tidak pernah merasa lelah dalam keamanan NKRI serta mengawal Ulama dan Kiai. "Tugas kita adalah menjaga NKRI, mengawal Ulama, dan Kiai," tegas Jaed.

Selain menggelar Diklatsar, di lokasi yang sama juga digelar PKD (Pendidikan Kader Dasar) bagi para anggota Ansor. Tercatat, 150 pesertautin Diklatsar dan 20 pesertaadies PKD.