Teungku Chiek di Pasi #4: Kisah Ajaib Mesjid Guci Rumpong dan Keberkahannya

 
Teungku Chiek di Pasi #4: Kisah Ajaib Mesjid Guci Rumpong dan Keberkahannya

LADUNI. ID, ULAMA- Bangunan yang kokoh itu hingga saat ini masih banyak para pendatang yang mencoba untuk mencari keberkahan dan melepaskan nazar.

Tentu saja masyarakat dan ahli waris terus merawat dan menjaga keuneubah Tgk. Syiek Dipasi tersebut yang sangat di hormati dan di kenal sosok yang sangat banyak kelebihan.

Tentu saja dengan  kemuliaannya serta tidak berlebihan beliau berarada pada maqam waliyullah.

Teungku Chik Di Pasi (Syaikh Abdus Salam) juga telah membangun Masjid yang letaknya tidak jauh dengan dayah nya yang dinamai dengan "Mesjid Guci Rumpong".

Asbabul wurud Guci Rumpong yang berasal dari adanya 2 buah guci Siam berwarna coklat tua di depan masjid. 

Di samping itu beliau juga seorang tokoh pertanian dan perairan, karna menggali saluran air untuk kebutuhan pertanian masyarakat. 

Saluran tersebut yang dikenal oleh masyarakat sekitar mukim Guci Rumpong dengan nama "Lueng Bintang" proses pengerjaannya dalam semalam.

Sungguh ini di luar logika kita manusia dan sangat wajar apabila kita sematkan beliau sosok waliyullah yang di beri banyak kemuliaan dan karamahnya.

Sebelum melakukan pekerjaan yang mulia tersebut Tgk. Chik Di Pasi terlebih dahulu berdoa kepaada Allah SWT semoga dimudahkan dan diberkahi usaha beliau tersebut. Lantas apa yang beliau lantunkan?

Tgk Chik Di Pasi sambil menadahkan dan memohon sambl melafat doa;” Bismillahirrahmanirrahim, Dengan nama Allah yang penuh kasih dan sayang kepada hamba-Nya, tanah ini ciptaan Tuhan, air inipun ciptaan-Nya, karena kita sama-sama makhluk yang diciptakan-Nya, maka dari itu ikutilah goresanku ini”. 


***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal dayah MUDI Samalanga