Konstitusi Tertulis Pertama di Dunia adalah Piagam Madinah

 
Konstitusi Tertulis Pertama di Dunia adalah Piagam Madinah

LADUNI.ID, Tangerang Selatan - Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Masykuri Abdillah mengungkapkan bahwa konstitusi yang tercakup pertama di dunia adalah Piagam Madinah.

"Konstitusi pertama adalah Mitsaq Madinah atau Piagam Madinah pada 622 M," jelasnya, pada seminar nasional dengan tema Islam dan Konstitusi, Implementasi Ajaran Kslam dalam Sistem Hukum di Indonesia di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Kertamukti, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan , Banten, Kamis (22/11).

Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menjelaskan bahwa, sebelumnya konstitusi sudah ada di Babilonia pada 2300 SM melalui Kode Hamurabi dari Babylonia .

Pada saat yang sama, Pimpinan Mahkamah Konstitusi 2003-2008 Jimly Asshiddiqie juga menjelaskan bahwa konstitusi merupakan suatu hal yang disebut sebagai hukum tertinggi. Saat zaman Rasulullah, Al-Qur'an menjadi hukum itu sendiri.

Akan tetapi, dalam perkembangannya, hal itu berubah menjadi utama dalam hukum. Pun dengan hadits Rasulullah. "Hadiah itu hukumnya Qur'an-Hadits itu sama saja," imbuhnya.

Hukum agama dan konstitusi kita ini, katanya, jangan dipertentangkan. Tidak semua hukum agama bisa dipraktikkan mengingat hukum berdasarkan kesepakatan. "Biarlah ilmu pengetahuan mengembangkan ijtihadnya sendiri," jelas Jimly.

Tetapi yang penting sekarang, menurutnya Jimly, adalah substansi hukum. Bukan masalah label produk hukumnya.