Ali Hasjmy #3: Silsilah dan Keturunan Ali Hasymy

 
Ali Hasjmy #3: Silsilah dan Keturunan Ali Hasymy

LADUNI.ID,ULAMA- Silsilah keturunan Ali Hasjmy, hanya dapat ditelusuri sampai pada garis keturunan Pahlawan Muda. Sumber ini dapat dijumpai dalam Sarakata tua dan melalui keterangan datuknya Pang Abas. Menurut sumber tersebut bahwa nenek moyang Ali Hasjmy berasal dari Hijaz (Arab Saudi sekarang).

 Beliau adalah seorang ulama yang hijrah ke Aceh ketika zaman pemerintahan Sultan Alaiddin Johan Syah (1147-1177 H/1735-1760 M). Karena kecakapannya, ulama Hijaz tersebut diangkat oleh Sultan menjadi syabandar Kerajaan Aceh Darussalam dengan gelar Orang Kaya Diraja Syahbandar Agung Pahlawan Muda.  Pahlawan Muda tersebut mempunyai tujuh orang putra, masing-masing bernama K.Pasukan, K.Sitam. Ja Bok, K. Meureuboh, T. Intan Sipijit, dan K. Palela.

Berawal dari Ja Bok inilah turunan Ali Hasjmy dari pihak ayah, sedangkan pihak ibunya berasal dari K.Palela. Jika ditarik garis keturunan dari pihak ayah adalah Ali Hasjmy bin Teungku Hasyim bin Pang Abbas bin K. Agam bin K. Polem bin Ja Bok bin O.K. Syahbandar Besar Pahlawan Muda.

Sementara itu dari pihak ibu Ali Hasjmy adalah Nyak Buleuen binti Pang Husin bin Pang Hasan bin K. Nyak Mat bin K.Palela bin O.K Syahbandar Besar Pahlawan Muda. Pang Abbas (Datuk Ali Hasjmy dari pihak ayah) dan Pang Husin (Datuk Ali Hasjmy dari pihak ibu) adalah seorang panglima kecil dari Teuku   Panglima   Polem   Muda   Perkasa   (Panglima   Sagi/Panglima Sagoe) mereka berdua yakni Pang Abbas dan Pang Husin adalah sebagai  pejuang  yang  turut  bertempur diberbagai  medan  perang menghadapi tentara Kolonial Belanda.

Namun .Pang Husin ditugaskan untuk mempertahankan Kuta Cotgli (benteng terdepan Teuku Panglima Polem), mati syahid setelah pasukannya mati syahid semua. Karena itu isterinya Nyak Puteh hidup menjanda dan tidak pernah menikah lagi dengan orang lain sebagai tanda kesetiannya kepada almarhum suaminya Pang Husin yang syahid itu.

Melihat silsilah keturunan Ali Hasjmy diatas, antara ayah dan ibu masih  dalam   satu   keturunan   yang   berasal   dari pahlawan   Muda. Sayangnya Pahlawan Muda tersebut tidak disebutkan namanya dan mereka telah memberika kontribusi untuk bangsa dan negeri ini dalam merebut kemerdekaan.

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

*Sumber:  Muhammad Nazir, Perspektif Metode Dakwah Islam Studi Analisis Pemikiran Ali Hasjmy, 2014