Ali Hasjmy #9: Sang Ulama Produktif di Dunia Literasi

 
Ali Hasjmy #9: Sang Ulama Produktif di Dunia Literasi

LADUNI.ID,ULAMA Perjuangan ini terutama ketika duduk sebagai ketua MUI D.I Aceh. Ilmu dakwah baginya tidak hanya ditekuni sebagi ilmu pengetahuan tetapi menyatu dengan dirirya sehingga peran dan jabatan apapun yang diemban, unsur dakwahnya selalu menghiasi di setiap langkah kegiatan yang dilaksanakan.

Tidak hanya pada masa jabatan ketua MUI, tapi jauh sebelumnya yaitu sebelum masa kemerdekaan, perjuangannya melalui organisasi, selalu mengajak para pemuda agar senantiasa mencintai pendidikan, memperluas cakrawala budaya serta pandangan akan arti kemerdekaan.

Di samping itu mengajak para pemuda untuk hidup dan bermasyarakat sesuai dengan ajaran agama Islam. Tentu saja ajakan ini berangkat dari jiwa nasionalis dan jiwa keislamannya yang telah terpatri di dalam hatinya.

Selain berbagai aktivitas yang telah dilakukan semasa hidupnya, tokoh ini juga sarat dengan buku-buku ilmiah hasil karangan dan buah pikirannya.  Oleh karena itu, tidak heran kalau tokoh ini juga dikenal dengan penulis buku ternama di tanah rencong ini.  Kenapa tidak, sejumlah buku karangannya memuat berbagai dimensi ilmiah, mulai sejarah Aceh secara menyeluruh, misi dakwah dan bahkan buku-buku yang berdimensi hukum Islam.

Oleh sebab itu, semasa hayat masih dikandung badan, Prof. Ali Hasjmy telah banyak mencairkan tinta hitam di atas kertas demi kepentingan bangsa dan negara ini dibuktikan atas keberhasilan beliau dalam mengorbitkan berbagai macam tulisan sehingga tersebar di seluruh nusantara dan di luar negeri.  Untuk  lebih  jelas  tentang  sejumlah  karya-karya  beliau sebanyak 55 buah karangan.

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

*Sumber:  Muhammad Nazir, Perspektif Metode Dakwah Islam Studi Analisis Pemikiran Ali Hasjmy, 2014