Ini 7 Perkara Penyebab Migrain, Anda Mengalaminya?

 
Ini 7 Perkara Penyebab Migrain, Anda Mengalaminya?

LADUNI.ID, KESEHATAN- Mengalami sakit kepala memang sangat menyiksa, apalagi jika sakit kepala sebelah. Ketika sakit kepala sebelah menyerang, aktivitas sehari-hari kamu pastinya akan terganggu. Ya, sakit kepala sebelah atau dikenal dengan nama migrain ini memang dinilai sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas.

Migrain adalah nyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Penyakit ini lebih sering diidap wanita dibandingkan pria. Menurut hasil penelitian WHO, dari total populasi manusia berusia 18-65 tahun yang melaporkan pernah mengalami sakit kepala, sekitar 30 persen merupakan sakit kepala migrain.

Pada sebagian orang, serangan migrain dapat muncul hanya beberapa kali dalam setahun. Akan tetapi, pada penderita lainnya, migrain dapat muncul hingga beberapa kali dalam seminggu. Pada kasus tertentu, nyeri dapat muncul di kedua sisi kepala dan bahkan menyerang leher penderita.

Agar rasa sakit kepalamu teratasi dengan tepat, maka kamu harus mengetahui penyebab yang mendasarinya dan bagaimana cara tepat mengatasinya. Berikut penyebab migrain kiri yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber,Selasa (27/11/2018).

1. Kelaparan

Penyebab migrain kiri yang pertama adalah karena kelaparan. Otak membutuhkan gula (glukosa) dari makanan sebagai bahan bakar agar berfungsi optimal. Bila sampai tidak makan, maka kadar gula darah menjadi turun (hipoglikemia), akibatnya otak memberikan respon berupa sakit kepala.

2. Stres

Penyebab migrain kiri selanjutnya adalah mengalami stres. Saat kita mengalami stres, tubuh melepaskan bahan kimia yang memiliki sifat ‘figh or fligh’ . Bahan kimia ini membuat otot-otot menjadi tegang dan mengubah aliran darah, yang keduanya menyebabkan sakit kepala.

3. Salah makan

Penyebab migrain lainnya yang jarang disadari adalah salah makan. Makanan tertentu ternyata diketahui menyebabkan sakit kepala, terutama yang mengandung bahan pengawet. Makanan pemicu sakit kepala di antaranya keju tua, anggur merah (minuman), kacang-kacangan, dan daging olahan.

4. Alkohol

Penyebab migrain kiri lainnya adalah karena mengonsumsi alkohol. Bir, anggur, dan minuman beralkohol lainnya mengandung etanol, bahan kimia yang memicu sakit kepala karena dapat memperlebar pembuluh darah. Ketika pembuluh darah di sekitar kepala melebar, maka itu akan menyebabkan tekanan dan sensitifitas pada saraf-saraf di kepala.

5. Kurang tidur

Penyebab migrain selanjutnya adalah kurang tidur. Gangguan kurang tidur atau Insomnia bisa memicu sakit kepala sebelah kiri. Begitu sakit kepala terjadi, rasa sakit juga bisa membuat tidur kurang nyenyak di malam hari, sehingga yang terjadi adalah pola lingkaran setan. Orang dengan gangguan tidur lainnya seperti obstructive sleep apnea juga lebih rentan mengalami sakit kepala.

6. Salah posisi tidur

Penyebab migrain kiri yang jarang disadari selanjutnya adalah salah posisi tidur. Masalah tersering yaitu ketika posisi kepala tidak tepat, atau bantal yang tidak suport. Di pagi hari saat bangun, kita akan merasakan bahwa leher kita terasa nyeri atau kaku, bahkan untuk menengok kanan kiri ataupun menunduk. Jika ketegangan otot leher itu di sisi kiri, maka hal ini bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri.

7. Infeksi dan alergi

Penyebab migrain lainnya adalah karena adanya infeksi dan alergi. Sakit kepala sebelah kiri ataupun kanan sering disebabkan oleh infeksi pernafasan seperti flu atau pilek biasa. Tak heran, karena demam dan saluran sinus yang tersumbat dapat menyebabkan sakit kepala yang merupakan gejala sinusitis. Begitu pula dengan alergi yang mempengaruhi sinus, menyebabkan rasa sakit dan tekanan di balik dahi dan tulang pipi.

Terlebih lagi pada kasus infeksi serius seperti ensefalitis dan meningitis, kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala yang lebih hebat. Disertai gejala lainnya seperti kejang, demam tinggi, dan leher kaku.

Sumber: liputan6.com