KPK Tangkap Tangan Hakim dan Pengacara di PN Jakarta Selatan

 
KPK Tangkap Tangan Hakim dan Pengacara di PN Jakarta Selatan

LADUNI.ID,JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap hakim dan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Penyidik KPK dalam OTT tersebut mengamankan uang senilai ratusan juta rupiah dalam mata uang dolar Singapura. 

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo Tim Penyidik KPK dalam OTT tersebut mengamankan enam orang semalam. 

"Benar ada giat tadi malam sampai dini hari, di Jakarta. Sudah diamankan enam orang," kata Agus di Jakarta Rabu (28/11/2018)

Pria kelahiran Magetan pada tahun 1956 lalu itu menjelaskan OTT terhadap enam orang itu terkait penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kendati demikian Ketua KPK priode 2015-2019 itu tidak mau nama-nama pihak yang ikut terciduk dalam OTT kali ini. 

"Terkait dengan penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujarnya. 

Selanjutnya berdasarkan Undang-Undang Penyidik KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut. Kini Penyidik KPK sedang intensif melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang diamankan tersebut. 

Sementara itu Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dari keenam orang yang diamankan terdapat hakim, pegawai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dan advokat. 

"Dari enam orang tersebut, terdapat hakim, pegawai di PN (Jakarta Selatan), dan advokat. Mereka masih dalam proses pemeriksaan saat ini," kata Febri dalam keterangan tertulis, Rabu

Lebih lanjut Mantan Aktivis ICW itu menjelaskan jika dalam OTT itu ada sejumlah uang dalam bentuk dollar Singapura yang juga turut dibawa sebagai barang bukti dalam perkara ini. Selanjutnya menurut Febry KPK akan mengumumkan lebih rinci hasil OTT tersebut dalam konferensi pers.