Persaingan Samsung, iPhone, dan HP Pabrikan Cina di Akhir 2018

 
Persaingan Samsung, iPhone, dan HP Pabrikan Cina di Akhir 2018

Laduni.id - Tiga vendor smartphone asal Negeri Tirai Bambu kembali torehkan catatan positif pada kuartal ketiga 2018. Huawei, Xiaomi, dan Oppo mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Seperti dilansir dari laporan firma riset pasar Gartner, ketiga vendor tersebut masuk dalam lima  besar vendor dengan penjualan tertinggi. Huawei berada di peringkat kedua, sementara Xiaomi dan Oppo masing-masing berada di peringkat keempat dan kelima.

Huawei berada di posisi kedua dipengaruhi performa penjualan sub-brandnya, Honor, yang menargetkan pengguna kategori menengah ke bawah.

Dilansir dari GSM Arena pada Jum`at (7/12/2018), Honor berhasil mencatatkan penjualan postif di India, Cina, dan sebagian wilayah Eropa Barat.

Xiaomi dan Oppo juga mengalami peningkatan dan berada di bawah iPhone, di posisi pasar global dibandingkan tahun 2017.

Berbeda dengan brand asal Cina, Samsung, meski tetap berada di posisi pertama, secara performa penjualan tercatat mengalami penurunan. Pangsa pasar Samsung di 2017 sekitar 22.3 persen turun menjadu 18.9 persen.

Menurut sebagian analis pasar, penurunan Samsung itu diakibatkan oleh produk Galaxy S9 dan Galaxy Note 9 yang diperkenalkan tahun ini belum dapat diterima baik oleh masyarakat.

Dengan demikian, jarak antara Samsung dan Huawei kini semakin menipis. Apalagi, Apple yang berada di peringkat tiga belum mampu mengusik Samsung dan Huawei yang bertengger di dua posisi teratas.

Pangsa pasar Apple stagnan di angka 11,8 persen, sama seperti tahun sebelumnya.

Kendati demikian, secara keseluruhan pasar smartphone secara global mencatatkan peningkatan. Pasar smartphone naik 1,4 persen dengan total penjualan 389 juta unit secara keseluruhan.