Moskow Mengundang Haniyeh, Israel Naik Pitam

 
Moskow Mengundang Haniyeh, Israel Naik Pitam

LADUNI.ID, Jakarta – Moskow memberikan undangan resmi kepada Ismail Haniyeh (ketua kantor politik Hamas) untuk melawat ke Rusia memicu amarah petinggi Rezim Zionis.

Seperti dilansir dari media-media Israel pada Selasa (18/12), Tel Aviv telah mengirimkan surat protes atas undangan itu ke Moskow.

Haidar Rashid, duta besar Rusia di Ramallah, pada 28 November lalu secara resmi mengundang Haniyeh untuk mengunjungi Moskow.

Pada tahun 2018 ini, sejumlah delegasi Hamas telah melawat ke Rusia dan bertemu dengan para petinggi Negeri Beruang Merah. Salah satunya adalah kunjungan yang dipimpin Musa Abu Marzuq (anggota senior Hamas) sekitar lima bulan lalu.

Ketika Hamas memublikasikan dokumen politiknya pada Mei 2017 lalu, kementerian luar negeri Rusia mengutarakan dukungan terhadap dokumen tersebut, juga menyambut baik terpilihnya Haniyeh sebagai ketua kantor politik Hamas.

Sementara itu, hubungan Moskow-Tel Aviv sendiri mengeruh usai jatuhnya pesawat Rusia beserta 15 awaknya di barat laut Suriah beberapa bulan lalu.

Ketika jet-jet Israel membombardi sejumlah daerah di Suriah, pesawat Rusia itu secara tidak sengaja terkena tembakan sistem pertahanan rudal Suriah dan jatuh hingga menewaskan semua awaknya.

Setelah insiden ini usai, kementerian pertahanan Rusia menyerahkan sistem S-300 kepada Suriah. Hal ini membuat Rezim Zionis mengurungkan rencana serangan udara ke Suriah.