Prediksi Delay Penerbangan Sudah Tersedia di Google Assitant

 
Prediksi Delay Penerbangan Sudah Tersedia di Google Assitant

Laduni.id, Jakarta –  Google Assistant, teknologi asisten virtual yang dirilis Mei 2016, kini telah menambahkan fitur terbarunya yang dapat memungkinkan kita untuk melakukan prediksi penundaan keberangkatan penerbangan atau flight delay.

Fitur ini merupakan penambahan dari fitur pencarian yang sebelumnya tersedia pada awal tahun ini. Google akan mulai memberikan prediksi penerbangan delay ketika para pengguna mencari status penerbangan mereka.

Seperti dikutip detikINET, prediksi ini akan muncul apabila sistem mempunyai 85% keyakinan mengenai penundaan penerbangan tersebut.

Cara Google untuk memprediksi penundaan ini adalah dengan membandingkan catatan status penerbangan sebelumnya. Teknik yang dikombinasikan dengan machine learning ini dapat memprediksi penundaan lebih cepat ketimbang harus menunggu konfirmasi dari pihak maskapai penerbangan.

Hasil gambar untuk google assistant delay
Google Assistant bisa prediksi penerbangan yang delay. Credit: Engadget

Pengguna bisa meminta Google Assistant untuk memprediksi penundaannya tersebut dengan mengajukan pertanyaan seperti, “Hey Google, is my flight on time?” atau mungkin bisa juga dengan pertanyaan dalam bahasa Indonesia.

Google pun menyebutkan bahwa dalam beberapa minggu ke depan, Assistant akan secara proaktif menotifikasi pengguna melalui ponselnya jika sudah memprediksi adanya penundaan, lengkap dengan alasan penundaan jika memang telah diketahui.

Perlu diketahui, teknologi yang baru tersedia di Android pada tahun 2017 ini, sudah menyediakan setidaknya 35 jenis perintah suara untuk mengurangi interaksi pengguna melalui jarinya dilayar smartphone.