Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama, Begini Gambaran Umum Road Map-nya

 
Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama, Begini Gambaran Umum Road Map-nya

LADUNI.ID, Bekasi - Menuju satu abad Nahdlatul Ulama, rumusan pemetaan jalan atau road map menjadi fokus pembahasan di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-6 Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (Cevest) Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (23/12).

Adapun kegiatan yang sudah berjalan selama dua hari setidaknya sudah mengerucut terhadap langkah langkah strategis yang akan diambil oleh Lakpesdam PBNU.  Hasil musyawarah para peserta Rakornas ada dua aspek yang mulai menemui titik terang antara lain soal kemandirian dan profesionalitaas atau dedikasi Nahdlatul Ulama sebagai organisasi sosial keagamaan.

Adapun fokus pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Nahdlatul Ulama 2019-2026 tersebut misalnya dengan memilih indikator pencapaian indexing, sikap politik, ekonomi, memiliki keahlian di bidang kemasyarakatan, kode etik, data base experience dan manajerial (fokus pengembangan untuk Jamiyah). 

Kemudian Fenomenalogi, meningkatkan enterpreuneurship, aktifitas dalam komunitas dan partisipasi kegiatan (fokus pengemangan untuk Jamaah). Sedangkan strategi capaian yang akan dilakukan antara lain, melakukan pelatihan, kemitraan, kampanye, dan pembinaan.

Menurut Ketua Lakpesdam PBNU, Rumadi Ahmad, pengembangan SDM harus ada keselarasan antara Lakpesdam PBNU dengan Lakpesdam PWNU, dan PCNU. Menurutnya, semuanya harus melakukan langkah yang sama. Hal ini seperti dilansir dari laman NU Online, Senin (24/12).

“Lakpesdam sudah beberapa hari membicarakan soal road map pemberdayaan SDM PBNU. Setelah satu abad ini road map NU apakah masih seperti ini atau ada hal-hal penting yang harus dilakukan,” pungkasnya.