Do’a Sebelum Memulai Aktivitas

 
Do’a Sebelum Memulai Aktivitas
Sumber Gambar: Rabo Pon, 17 Mei 2023 laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta – Bekerja Adalah merupakan aktifitas sehari-hari yang bisa dilaksanakan oleh setiap orang, baik bekerja tukang buruh, petani, nelayan, kantoran, pedagang dan lain sebagainya, supaya pekerjaan itu mendapatkan keberkahan, kelancaran dan mendapatkan hasil yang bisa memenuhi kebutuhan hidup kita, maka kita  harus berdo’a terlebih dulu kepada Alloh SWT sebelum memulai pekerjaan itu.

Dengan membaca do’a sebelum bekerja setiap kali kita akan memulai pekerjaan Insya Alloh denga izin Alloh SWT kita akan mendapatkan rizqi yang berkah walaupun tidak seberapa banyak yang kita dapatkan dan bisa membawa ketenangan jiwa dalam menjalankan pekerjaan itu, makanya jangan lupa kita selalu berdo’a karena yang memberikan kekuatan dan pertolongan itu secara hakekat adalah Alloh SWT.

Sementara itu dalam Kitab Al-Adzkar , Karya Imam An-Nawawi mengutip hadis yang diriwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah ra tentang do’a-do’a yang diajarkan oleh Nabi Muhammad  Shallallahu‘Alaihi Wasallam.
saat memulai kegiatan di pagi hari.

Do’a Mengawali Pagi

Berikut adalah bunyi do’a tersebut:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْ كَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR. Imam Abu Dawud, Imam At-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, dan lainnya).

Karena diamalkan untuk memulai hari, do’a di atas juga cocok dijadikan sebagai do’a sebelum memulai aktivitas di kantor.

Do’a Sebelum Bekerja untuk Rezeki yang Baik

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqan tayyiban, wa 'amalan mutaqabbalan

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima. (Sunan Ibn Majah)

Do’a Sebelum Bekerja agar Diberi Kemudahan

اللهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلَا مَا جَعَلْتَهَ سَهْلاً، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja'altahu sahla, wa anta taj'alul-hazna iza syi'ta sahla.

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah dan kesulitan yang Engkau kehendaki, Engkau jadikan mudah." (Sahih Ibnu Hibban)

Lalu, bagaimana do’a yang dipanjatkan setelah selesai bekerja dan akan pulang ke rumah? Jika pekerjaan atau tugas telah usai.
Berikut Do'anya : 

اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

Alloohuma innii a'uudzubika an'adhilla, au'udholla, au'azilla, au'adzlama, au ajhala, au yujhala 'alayya.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak kehilangan atau disesatkan atau aku ragu atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku bodoh atau dibodohi” – (HR. Imam Nasa'i, Imam At- Tirmidzi, Imam Abu Dawud, Imam Ibnu Majah).

Jika Do’a sebelum bekerja dibaca untuk memohon keberkahan dari pekerjaan yang kita lakukan, do’a sesudah bekerja menyerukan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas kenikmatan keselamatan yang telah  diberikan selama mengerjakan pekerjaan atau tugas kantor.  

 

 

Sumber : Kitab Al-Adzkar , Karya Imam An-Nawawi

___________

Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada Senin, 7 Januari 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan.

Editor : Sandipo

Rabo Pon, 17 Mei 2023
Rabo   : 7
Pon     : 7