STIT Al Muslihuun Blitar

 
STIT Al Muslihuun Blitar

PROFIL
 STIT Al Muslihuun Tlogo adalah perguruan tinggi agama Islam swasta yang ada dalam naungan Pondok Pesantren  Al Muslihuun yang berada di desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Blitar.

Yayasan Pondok Pesantren Al Muslihuun (sekarang berubah menjadi Pekumpulan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muslihuun) berniat memiliki Perguruan Tinggi Agama Islam, dg harapan mampu memberikan pendidikan dalam berbagai disiplin ilmu, terutama ilmu agama Islam secara modern, sebagai tindak lanjut usaha pendidikan yg telah lama ada, disamping itu juga banyaknya pemuda yg berminat memperdalam ilmu pengetahuan agama Islam.

Perwujudan hasrat dalam mendirikan PTAI bermula dari banyaknya siswa yang telah menyelesaikan dari PGA / MA AIN, dan juga merupakan kegiatan dalam pengembangan dan peningkatan pendidikan dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al muslihuun Tlogo, yang berdiri sejak tahun 1972. dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Al Muslihuun (sekarang berubah menjadi Perkumpulan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muslihuun) sampai sekarang terdapat tingkatan jenjang pendidikan mulai dari Play Group, TK, MI, MTs, MA hingga Perguruan Tinggi yaitu STIT Al Muslihuun.

Yayasan Pondok Pesantren Al Muslihuun Tlogo Blitar telah berhasil mendirikan PTAI yaitu Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu pada tanggal 25 Oktober 1975. STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar, diresmikan setelah melalui beberapa kali sidang dan dilatar belakangi beberapa pertimbangan serta dorongan yang mantap dari Kiyai Baehaqi(Alm) putra – putra K.H Imam Sibaweh (Alm) para pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Al Muslihuun Tlogo, serta umat Islam di Blitar.

Berdirinya STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar juga didasarkan atas persetujuan dari Bupati atau Kepala Daerah Kabupaten Blitar dengan nomor : KSR.141 / 15 / 248, dan disahkan oleh R. Oetomo ( Bupati Blitar). Kemudian terdaftar DEPAG RI dengan SK. Mentri Agama RI No. Kep. / DV / III / 1976. yang ditandatangani oleh Jendral BIMAS Islam (Drs. A. Khotib) tertanggal 26 April 1976. pada Tahun 20-W.STIT Al muslihuun Tlogo Blitar telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Dengan nomor : 017/BAN-PT/AK-XV/S1/VI/2012 DENGAN predikat B. Pada tahun 2014 telah terbit surat keputusan dari dirjen kemenag  RI Program Study baru  yaitu:
1. Pendidikan Guru MI (PGMI) SK Nomor : 365 Tahun 2014.
2. Pendidikan Bahasa Arab (PBA) SK Nomor : 365 Tahun 2014.

Pendirian STIT Al Muslihuun tersebut dimaksudkan untuk menghsailkan tenaga ahli pendidikan yang memiliki pengetahuan yang luas tentang ajaran Agama Islam. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan zaman dan seutuhnya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan yang berlandaskan pada Al Qur’an dan Al Hadits yang berhaluan pada Ahlussunah Wal Jama’ah, serta memilih madzhab di antara 4 Imam Mdzhab.

PROGRAM STUDI
1. Pendidikan Bahasa Arab
2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
3. Pendidikan Agama Islam

ALAMAT
Jalan Raya Gaprang 3, Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar 66171
 Telepon: 0342 - 807422

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi: https://stit-almuslihuun.ac.id/

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3757717/600-pemuda-ikuti-seminar-nasional-kepemudaan-di-blitar
https://www.suarajatimpost.com/read/9896/20171019/201227/peringati-hari-santri-nasional-mahasiswa-blitar-gelar-pawai-kebangsaan/


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id