Agar Kembali ke Damaskus, Pemimpin Oposisi Suriah Minta Bantuan Baghdad

 
Agar Kembali ke Damaskus, Pemimpin Oposisi Suriah Minta Bantuan Baghdad

LADUNI.ID, Jakarta - Mantan pimpinan koalisi oposisi di luar Suriah, Ahmad al-Jarba meminta bantuan para pejabat Irak agar bisa kembali ke Damaskus.

Seperti dilansir dari stasiun televisi al-Mayadeen, pemimpin kelompok al-Ghad ini pergi ke Baghdad dan menemui sejumlah petinggi Suriah. Ia berharap agar mereka bisa memediasi kepulangannya ke Damaskus.

“Al-Jarba siap mengutus sebuah delegasi ke Damaskus untuk bertemu para petinggi Suriah. Dia juga berkoordinasi sepenuhnya dengan strategi Irak untuk mengatasi krisis Suriah,” terang al-Mayadeen.

Dari sumber-sumber itu dikabarkan, al-Jarba (dalam pertemuan dengan petinggi Irak) meminta agar pasukan suku-suku di bawah bendera Suriah ditempatkan di kawasan-kawasan yang ditinggalkan tentara AS.

“Ketua al-Ghad setuju bertemu dengan para pejabat Suriah di Baghdad atau tempat lain. Dia juga sepakat untuk menerapkan pengalaman pasukan suku-suku Irak di Suriah,” tulis al-Mayadeen, seperti dilansir dari laman liputanislam.com, Minggu (13/1).

Adapun Al-Jarba, adalah salah satu tokoh oposisi Suriah yang dekat dengan Saudi. Dia terpilih sebagai pemimpin koalisi oposisi pada 6 Juli 2013. Al-Jarba kembali menjabat pimpinan koalisi ini pada Juni 2014.