Haul KH Ali Maksum, Tokoh NU yang Moderasi  

 
Haul KH Ali Maksum, Tokoh NU yang Moderasi  

LADUNI, ID – JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai Almaghfurlah KH.Ali Maksum merupakan tokoh besar, tokoh nasional dan tokoh NU yang banyak sekali meninggalkan warisan nilai-nilai yang sekarang ini semakin relevan untuk diteladani bersama.

"Beliau adalah ulama yang sangat menekankan pada semangat moderasi karena beliau sangat moderat. Beliau selalu mencari titik tengah dari berbagai macam kutub pemikiran dan pandangan tidak hanya keilmuan dan keislamana tapi juga dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan kebangsaan," ujar Menag Lukman Hakim usai menghadiri Haul ke 30 Almaghfurlah KH.Ali Maksum di Pondok Pesantren Ali Maksum, Krapyak Yogyakarta, Senin (14/01) malam.

Di mata Menag, KH Ali Maksum juga tokoh yang selalu menekankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah sekaligus spirit dari nilai yang harus senantiasa melandasi setiap umat, karena memang hakekatnya Indonesia adalah bangsa majemuk yang sangat beragam.

Menutut Menag, banyak sekali keragaman dan perbendaan cara pandang sehingga musyawarah adalah salah satu cara mempertemukan keragamaman pandangan dan membangun konsesus untuk disepekati bersama.

"Apalagi beliau yang menurut saya pengawal yang tidak hanya mengantarkan perubahan NU menuju khittahnya, tapi sekaligus beliau lah yang mengawal proses perubahan NU untuk kembali ke khittah NU 1926," tegas Menag.

KH Ali Maksum lanjut Menag pernah menjadi Rois Am, sebuah jabatan tertinggi di dalam organisasi Nadhatul Ulama pada kurun waktu 1981-1984.

"Itulah masa-masa NU lalu kemudian mempersiapkan diri secara bersama dan aklamasi bersepakat tidak hanya menjadikan Pancasila sebagai dasar kehidupan bernegara, tapi juga kemudian NU kembali ke khittah untuk menekuni fungsinya sebagai organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia," tutur Menag.

Kehadiran Menag di Haul ke 30 Almaghfurlah KH.Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta sekaligus mewakili Presiden RI Joko Widodo. Usai sambutan sekitar pukul 23.15 WIB Menag meninggalkan Lapangan Ali Maksum tempat Haul ke 30 Almaghfurlah KH.Ali Maksum yang dihadiri ribuan santri, warga Yogyakarta dan sekitarnya.  (kmg)

 

 
 

Tags