Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 30: Loyalitas Kepemimpinan Rasulullah

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 30: Loyalitas Kepemimpinan Rasulullah

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh
Laduni.ID, Jakarta - Manusia diberikan amanat oleh Allah ta’ala sebagai pemimpin di bumi atau dengan termin khalifah fil ardh. Sebagaimana hal tersebut telah difirmankan oleh-Nya di dalam al-Quran Al-Karim :

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (QS Al-Baqarah/2:30)

Ayat di atas menunjukkan bahwa manusia mempunyai kedudukan mulia di bumi. Kemuliaan tersebut telah dicontohkan oleh kepemimpinan Rasulullah yang mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap umat dan negaranya. Sifat loyalitas tersebut terlihat tatkala beliau tidak meninggalkan para pengikutnya di Mekkah sedangkan sebagian dari pada mereka hijrah ke negeri Habasyah yang kini bernama Ethopia.

Loyalitas tersebut dibangun oleh Rasulullah melalui tanggung jawabnya terhadap keselamatan dalam dimensi kemanusiaan. Mahmud Zamdi Zaqzuq mengatakan dimensi kemanusiaan dibangun melalui perasaan yang tercermin dalam kebersamaaan. Setiap umat Islam merasakan rasa sakit yang diderita oleh umat muslim lainnya karena dia adalah bagian dari mereka. Ia merasakan apa yang dirasakannya dan merasa bahagia karena sakit yang diderita umat muslim lainnya. (Mahmud Zamdi Zaqzuq: 1998:89).

_______________________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 30 file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak Biografi KH. Musta’in Romly

Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah murid beliau Di SINI