Pesantren Murottilil Qur’an Kodran, Kediri

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi3
Pesantren Murottilil Qur’an Kodran, Kediri

PROFIL

Berdirinya pondok pesantren unit Lirboyo yang satu ini, tidak bisa dilepaskan dari Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) yang dirintis oleh Al-Ustadz KH. Maftuh Basthul Birri. Madrasah ini berawal sekitar tahun 1397 H./ 1977 M. yang kala itu berupa pengajian dengan sistem sorogan yang diasuh langsung oleh KH. Maftuh Basthul Birri.

Karena semakin banyaknya santri yang mengaji, maka sekitar tahun 1978 M. MMQ berdiri sebagai lembaga pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo yang khusus membidangi al-Qur’an.

SEJARAH

Pada tahun 1989/1990 ada seorang  santri yang berhasrat menghafalkan al-Qur’an. Oleh beliau Al Ustadz disambut dengan senang hati dan tangan terbuka. Lama kelamaan santri yang ingin menghafalkan al-Qur’an terus bertambah, sehingga demi kelancaran pengajian, maka pada tahun 1997 dibentuklah struktur kepengurusan yang khusus menangani bidang hafalan al-Qur’an. Dengan dibentuknya kepengurusan ini, maka berdirilah sebuah majelis khusus yang menjadi wadah bagi santri huffazh, yang diberi nama dengan Majelis Qiro’ah wat Tahfizh.

Pembangunan asrama MQT sebagai Sijnu Yusuf bagi para calon Ahli Qur’an dimulai pada periode keempat (tahun 2001). Sebelum periode itu, para santri yang menghafal al-Qur’an lebih banyak berdomisili di Pondok Induk dan unit-unit lainnya. Dengan terus bertambahnya santri yang ingin menghafalkan al-Qur’an dan perlunya optimalisasi penanganan santri tahfizh, oleh karena itu Al Ustadz dengan segenap kemampuannya mendirikan sebuah asrama (dahulu dikenal dengan Gubug Huffazh) yang terletak di kawasan Lirboyo bagian barat. Bangunan terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama (lantai bawah) merupakan ndalem kediaman Al Ustadz. Lantai II dan III adalah asrama santri.

Pada tahun 2004 dibangunlah bangunan baru yaitu Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Putra-Putri di dusun Sidomulyo, desa Kodran, kec. Semen, Kediri, yang berjarak kurang lebih 3 km dari PPMQ Lirboyo. Adapun untuk santri putra putri yang berada di PPMQ Unit Kodran saat ini (2021/2022) mencapai 580 santri putra dan 439 santri putri.

Kegiatan dan jenjang pendidikan yang ada di PPMQ Unit Kodran sama dengan yang ada di MQT PPMQ Lirboyo. Pada mulanya, PPMQ Kodran adalah pesantren yang fokus pada pengajian al-Qur’an. Akan tetapi pada akhir-akhir ini, PPMQ Kodran telah memiliki Madrasah Diniyyah yang bernama MDMQ (Madrasah Diniyyah Murottilil Qur’an) dengan tenaga pengajar yang rata-rata lulusan Madrasah Hidayatul Mubtadiin (MHM) Lirboyo.

Jenjang pendidikan yang berada di MDMQ adalah Tingkat Ibtida’iyah dan Tsanawiyah. Adapun kegiatan MDMQ digelar setiap hari mulai pukul 08.00 WIs. Untuk saat ini, siswa MDMQ Kodran putra berjumlah 395 siswa dan siswi MDMQ Kodran putri berjumlah 348 siswi.

PENDIRI

KH. Maftuh Basthul Birri

Pengasuh
1. KH. Maftuh Basthul Birri
2. KH. M. Chotibul Umam
2. KH. Husein Syafei

PENDIDIKAN

​​Unit Pendidikan
1. Madrasah Diniyyah yang bernama MDMQ (Madrasah Diniyyah Murottilil Qur’an)
2. Ibtidaiyah
3. Tsanawiyah

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Tahfidz Qur'an
2. Kajian Kitab Kuning
3. Seni Baca Al Qur'an
4. Hadrah
5. Barjanzi
6. Khitobah
7. Ziarah
8. Kaligrafi
9. Bahasa Arab
10. Bahasa Inggris
11. Komputer


Setoran Hafalan Al Qur'an di pesantren PPMQ


Hadrah di di pesantren PPMQ

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Gedung 3 lantai
3. 23 Kamar mandi
4. 32 Kamar santri
5. 5 Aula
6. 3 Kantor
7. 3 Koperasi
 


Gedung pesantren di pesantren PPMQ


Gedung pesantren di pesantren PPMQ

ALAMAT

Dsn. Kodran Ds. Sidomulyo Kec. Semen Kab. Kediri, Jawa Timur
Kode Pos       :  64161
Telepon          :    0856-3535-135, 0852-2511-1151, 0812-3167-9983, 0857-4660-0005
                      

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website   Pesantren Murottilil Quran Kodran, Kediri

 

KUNJUNGI JUGA

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.