Khutbah Jumat: Muhasabah Tahun Baru Hijriyah

 
Khutbah Jumat: Muhasabah Tahun Baru Hijriyah
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

KHUTBAH I

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ، وَعُضَّالِ الدَّاءِ، وَخَيْبَةِ الرَّجَاءِ، وَنَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّقَاوَةِ بَعْدَ الْهِدَايَةِ وَمِنْ السَّلْبِ بَعْدَ الْعَطَاءِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، هُوَ الْأَوَّل قَبْلَ كُلِّ شَيْءٍ، وَالْآخِرُ بَعْدَ كُلِّ شَيْءٍ اَلْغَنِيُّ الَّذِيْ لَا يَفْتَقِرُ إِلَى شَيْءٍ، اَلْقَادِرُ الَّذِيْ لَا يَعْجِزُهُ شَيْءٌ، اَلْعَالِمُ الَّذِيْ لَا يَخْفَى عَلَيْهِ شَيْءٌ، يَعْلَمُ دَبِيْبَ النَّمْلَةِ السَّوْدَاءِ عَلَى الصَّخْرَةِ الصَّمَاءِ فِي اللَّيْلَةِ وَالظَّلْمَاءِ.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَرْسَلَهُ اللهُ بِقُرْآنٍ كَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا، وَبِسُنَّةٍ كَالْقَمَرِ إِذَا تَلَاهَا، فَمَنْ سَارَ فِيْهِمَا سَارَ فِي ضَوْءِ النَّهَارِ إِذَا جَلَّاهَا، وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْهُمَا عَاشَ فِي ظُلْمَةِ اللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا.

أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً يَتَجَدَّدُ بِهَا سُرُوْرُهُ، وَيَتَضَاعَفُ بِهَا حُبُوْرُهَ، وَيَشْرَقُ بِهَا عَلَى قَلْبِيْ نُوْرُهُ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ. أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا عِبَادَ الله... أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقَوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

Hadirin Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Setelah memuji kepada Allah SWT, bersholawat kepada Baginda Nabi Agung Muhammad SAW, keluarga, serta sahabatnya, izinkan saya untuk berwasiat kepada hadirin semua, khususnya pada diri saya sendiri.

Marilah kita selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, dengan selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Yakni mengerjakan apa yang diperintahkan, serta menjauhi apa yang dilarang, kapan pun dan di mana pun, dalam keadaan bagaimana pun, senang maupun susah, gembira ataupun sedih. Karena dengan kita bertakwa, Allah SWT pasti akan menjamin kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat dan juga akan memberikan jalan keluar atas setiap masalah yang kita hadapi.

Hadirin Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Sesungguhnya telah berlalu dari masa hidup kita, yaitu tahun yang mana Allah SWT telah menganugerahkan pada kita suatu nikmat yang mungkin terlewatkan untuk kita syukuri, dan menjaga kita dari kejelekan-kejelekan yang tidak mampu kita tolak. Maha suci Allah SWT dan tidak ada tempat mengungsi kecuali pada-Nya.

Semoga Allah SWT menerima kebaikan-kebaikan yang diberikan pada kita, dan mengampuni kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan, baik secara sengaja ataupun tidak, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi.

Semoga Allah SWT mengabulkan segala doa baik kita dan meridhoi segala hajat baik kisa semua.

Hadirin Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Kita telah benar-benar menghadapi tahun baru. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita, karena sesungguhnya yang mengetahui semua itu hanyalah Allah SWT. Demi Dzat Allah SWT, apabila semua makhluk berkumpul untuk mengubah suatu keadaan, maka sesungguhnya itu tidak akan terjadi tanpa kehendak-Nya. Dan Allah adalah satu-satunya Dzat yang dapat menentukan dan mengubah apapun yang dikehendakinya.

Rasulullah SAW bersabda:

إنَّ الْعَبْدَ الْمُؤْمِنَ بَيْنَ مَخَافَتَيْنِ، بَيْنَ أَجَلٍ قَدْ مَضَى لَا يَدْرِي كَيْفَ صَنَعَ اللهُ فِيْهِ، وَبَيْنَ أَجَلٍ قَدْ بَقِيَ لَا يَدْرِي مَا اللهُ قَاضَ فِيْهِ، فَلْيَتَزَوَّدِ الْعَبْدُ لِنَفْسِهِ، وَمِنْ دُنْيَاهُ لِآخِرَتِهِ، وَمِنَ الشَّبِيْبَةِ قَبْلَ الْكِبَرِ، وَمِنَ الْحَيَاةِ قَبْلَ الْمَوْتِ فَوَالَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، مَا بَعْدَ الْمَوْتِ مِنْ مُسْتَعْتَبٍ، وَمَا بَعْدَ الدُّنْيَا مِنْ دَارٍ إِلَّا الْجَنَّةُ أَوِ النَّارُ

“Sesungguhnya hamba yang mukmin itu di antara dua kekawatiran, yaitu di antara masa yang sudah lewat, tidak tau apa yang diputuskan Allah SWT pada masa itu, dan masa yang akan datang, tidak tau apa yang Allah SWT akan lakukan di masa yang akan datang. Maka hendaknya hamba yang mukmin mempersiapkan diri untuk kebaikan dirinya, dunianya untuk akhiratnya. Mempersiapkan mudanya sebelum tua dan hidupnya sebelum mati. Maka demi Dzat yang aku ada dalam kekuasaan-Nya, tidak ada hal yang dianggap sulit setelah mati, tidak ada rumah setelah dunia kecuali surga atau neraka.

Allah SWT memang telah menentukan takdir kepada kita. Tapi, tetaplah berikhtiar agar bisa selalu berbuat baik dengan mengubah kebiasaan yang buruk menjadi baik. Seraya terus berprasangka baik kepada-Nya.

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Ar-Ra’du ayat 11:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Dalam sebuah Hadis Qudsi diriwayatkan:

قَالَ الرَّبُّ: وَعِزَّتِيْ وَجَلَالِيْ، وَارْتِفَاعِيْ فَوْقَ عَرْشِي، مَا مِنْ أهْلِ قَرْيَةٍ وَلَا بَيْتٍ وَلَا رَجُلٍ بِبَادِيَةٍ كَانُوْا عَلَى مَا كَرِهْتُ مِنْ مَعْصِيَّتِيْ فَتَحَوَّلُوْا عَنْهَا إِلَى مَا أَحْبَبْتُ مِنْ طَاعَتِيْ، إِلَّا تَحَوَّلْتُ لَهُمْ مِمَّا يَكْرَهُوْنَ مِنْ عَذَابِيْ إِلَى مَا يُحِبُّوْنَ مِنْ رَحْمَتِيْ

Tuhan berfirman: ‘Demi sifat keagungan-Ku dan keluhuran-Ku di atas 'Arsy-Ku, tidaklah dari penduduk desa atau rumah itu selalu melakukan hal-hal yang Aku benci berupa maksiat kepada-Ku kemudian mereka berusaha mengubahnya pada hal-hal yang Aku sukai untuk mereka, berupa kepatuhan kepada-Ku, kecuali Aku akan mengubah mereka dari hal-hal yang mereka benci berupa siksa-Ku pada hal-hal yang mereka sukai berupa ramat-Ku.’”

Hadirin Jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah...

Mari kita berusaha agar menjadi orang yang selalu berbuat baik dan lebih baik dari sebelumnya. Mari kita berdoa kepada Allah SWT agar kita dapat mengubah kebiasaan buruk menuju kebiasaan yang baik, dan dari yang baik menuju yang lebih baik lagi.

اللَّهُمَّ يَا مُحَوِّلَ الأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالَنَا وَحَالَ المُسْلِمِيِنَ مِنْ حَالٍ إِلَى أَحْسَنِ حَالٍ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا مُتَعَالٍ

“Ya Allah, Tuhan yang mengubah segala keadaan, ubahlah keadaan kami dan semua kaum muslim menjadi lebih baik dengan daya dan kekuatan-Mu. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Agung.”

Mari kita meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Saling tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Tidak tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan penganiayaan.

Semoga Allah SWT memberikan anugerah kepada kita untuk dapat memperbaiki diri, dan dapat mengubah prilaku kita menjadi lebih baik di setiap waktu.

Allah SWT berfirman, dan dengan firman-Nya seorang hamba akan mendapatkan petunjuk.

وَاللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى يَقُوْلُ، وَبِقَوْلٍ يَهْتَدْى الْمُهْتَدُوْنَ وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهُ وَأَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ.

أَعُوْذُ باللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. لَهُ مُعَقَّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُوْنَهُ مِنْ أَمْرِ اللهِ إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنفُسِهِمْ  وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ الله مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَاالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.

أقُوْلُ قَوْلِي هَذا وَأسْتَغْفِرُاللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَمَّا بَعْدُ

فيَآايُّهاالنّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى وَذَرُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ وَحُضُورِ الْجُمُعَةِ والْجَمَاعَةِ. وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ  فِيه بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلائكةِ قُدْسِهِ. فَقالَ تَعَالَى ولَمْ يَزَلْ قائِلاً عَلِيمًا: إِنَّ اللهَ وَملائكتَهُ يُصَلُّونَ على النَّبِيِّ يَآ أَيّها الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا اللَّهمَّ صَلِّ وسَلِّمْ على سيِّدِنا محمَّدٍ وعلى آلِ سيِدِنَا محمَّدٍ  كَما صَلَّيْتَ على سيِّدِنا إِبراهِيمَ وعلى آلِ سيِّدِنَا إِبراهِيمَ في الْعالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللَّهمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرّاشِدِينَ الَّذينَ قَضَوْا بِالْحَقِّ وَكانُوا بِهِ يَعْدِلُونَ أَبي بَكْرٍ وعُمرَ وعُثْمانَ وعلِيٍّ وَعَنِ السَتَّةِ الْمُتَمِّمِينَ لِلْعَشْرَةِ الْكِرامِ وعَنْ سائِرِ أَصْحابِ نَبِيِّكَ أَجْمَعينَ وَعَنِ التَّابِعِينَ وتَابِعِي التَّابِعِينَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسانٍ إِلَى يَومِ الدِّينِ. اللَّهمَّ لا تَجْعَلْ لِأَحَدٍ مِنْهُمْ فِي عُنُقِنَا ظَلَامَةً ونَجِّنَا بِحُبِّهِمْ مِنْ أَهْوَالِ يَومِ الْقِيامَةِ.

 اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ والمُسْلِمِيْنَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ والمُشْركِينَ، ودَمِّرْ أَعْداءَ الدِّينِ، اَللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنَا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ، اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنَا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ.

اللَّهمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْياءِ مِنْهُمْ والْأَمْواتِ بِرَحْمَتِكَ يَا وَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ. اللَّهمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ والوَباءَ والزِّنا والزَّلَازِلَ وَالمِحَنَ وَسُوءَ الفِتَنِ ما ظَهَرَ مِنْها وما بَطَنَ عَنْ بَلَدِنا هَذا خاصَّةً وعَنْ سائِرِ بِلَادِ الْمُسلمينَ عامَّةً يا رَبَّ الْعَالَمِينَ.رَبَّنا آتِنا في الدّنيا حَسَنَةً وَفي الآخرة حَسَنَةً  وقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

***

عِبادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ والْإِحْسان وإِيتاءَ ذِي الْقُرْبَى  ويَنْهَى عَنِ الْفَحْشاءِ والْمُنْكَرِوَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، فَاذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ أَكْبَرُ


Catatan: Khutbah Jumat ini diadaptasi dan dikembangkan dari buku Khutbah Nahdliyin yang disusun oleh NU Kota Kediri

___________

Editor: Hakim