Pesantren Al-Muslimun Mandin, Kotabaru Kalimantan Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Al-Muslimun Mandin, Kotabaru Kalimantan Selatan

Profil
Pondok Pesantren Al-Muslimun merupakan Pondok Salafiah yang pertama di Kotabaru terletak di dataran tinggi antara Gunung Bamega dan Selat Laut Kotabaru dengan panorama yang indah dan asri, pondok ini belum dikenal luas untuk wilayah Kalimantan Selatan, namun sudah dikenal sebagian besar wilayah Kabupaten Kotabaru.

Pada pertengahan tahun 2000 maka lahirlah sebuah wadah pendidikan non formal yang bernaung di bawah Yayasan Amal Muslim Kab. Kotabaru yang langsung didaulat sebagai Pondok Pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Al-Muslimun di bawah asuhan KH. Kusairin Imansyah yang berdiri tepat pada tanggal 1 Juni 2000.

KH. Kusairin Imansyah selain pendiri dan pimpinan Pondok Peasantren Al-Muslimun, beliau juga aktif mengisi pengajian dan majelis taklim yang tersebar di Kab. Kotabaru. Dan tidak jarang beliau juga mengisi pengajian instansi-instansi pemerintahan di dalam kota bahkan beliau juga sering memberikan ceramah dan tausiyah di kecamatan-kecamatan manakala Bulan Rajab dan Bulan Rabiul Awal tiba.

Nama Al-Muslimun diambil dari nama Yayasan Amal Muslim itu sendiri yang langsung mengelola jalannya pencarian dana dan donator tetap dengan harapan semoga pondok ini benar-benar dapat memberi arahan positif bagi pendidikan keagamaan kaum Muslimin yang saat itu belum ada pondok pesantren yang sekaligus memondokkan santrinya.

Pendiri:
KH. Kusairin Imansyah

Pengasuh
KH. Kusairin Imansyah

Pondok Pesantren Al-Muslimun sebagai lembaga Pendidikan Islam memiliki visi dan misi sebagai berikut:

1. Untuk mencetak generasi Muslim yang berwawasan ke-Islaman yang Qur’ani, kokoh bertauhid, kuat bersyari’at dan mampu memberi teladan bagi orang sekitar,
2. Mencetak generasi muda yang mampu menghadapi tantangan zaman yang nantinya akan dapat menjadi seorang penegak kebenaran di masa-masa mendatang,
3. Membekali para generasi muda 3 disiplin ilmu yang fardhu ain, yakni Tauhid, Fiqih dan Tasawuf demi terwujudnya generasi muda yang Islami.

Pendidikan

  1. Raudhatul Athfal (TK),
  2. Madrasah Ibtidaiyah (SD),
  3. Madarasah Tsanawiyah (SMP),
  4. Madrasah Aliyah (SMA),
  5. Madrasah Diniyyah sore hari,
  6. Paket B dan Paket C dan Insya Allah hingga Perguruan Tinggi yang kesemuanya itu terpadu dengan pendidikan Islami berbasis pesantren.



Kegiatan belajar dan mengajar di Pesantren Al-Muslimun

Fasilitas

  1. Masjid,
  2. Ruang belajar,
  3. Asrama,
  4. Perpustakaan,
  5. Laboratorium Bahasa,
  6. Koperasi,
  7. Beberapa buah lapangan olahraga.


Masjid di Pesantren Al-Muslimun

Alamat
Jl. Mupakat Mandin, Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
Email: ppsalmuslimun@gmail.com Saudara Ahmad Husaini

Referensi       
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: https://almuslimunmandin.blogspot.com/

Kunjungi Juga:

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.