Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan, Kudus

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan, Kudus

Profil
Pesantren Yanbu’ul Qur’an didirikan oleh KH. Arwani Amin Said, seorang ulama besar yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang Al-Qur’an dan Thoriqoh. Kealiman beliau dalam ilmu Al-Qur’an dapat dilihat dari kitab karya beliau berjudul Faidl Al-Barakat fi Sabil Al-Qira’at, sebuah kitab yang akhirnya menjadi pegangan pokok bagi mereka yang mempelajari Qira’ah Sab’ah (bacaan Al-Qur’an menurut 7 Imam).

Pesantren Yanbu’ul Qur’an didirikan pada tahun 1970 di Kelurahan Desa Kajeksan, Kudus. Dalam perkembangannya, kini Pesantren Yanbu’ul Qur’an telah memiliki 8 cabang berdasarkan tentang pendidikan santrinya dengan lokasi dan pengasuh yang berbeda.

Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan adalah pondok yang berdiri di bawah naungan Yayasan Arwaniyyah yang didirikan oleh Hardatussyaikh KH. M. Arwani Amin. Kini Yayasan Arwaniyyah telah memiliki beberapa cabang, di antaranya adalah Ma’had ‘Ulumus Syar’iyyah Yanbu’ul Qur’an (MUSYQ), Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an (PTYQ) Remaja/Bejen, PTYQ Anak-anak/Krandon, PTYQ Menawan, hingga di luar kota dan di luar pulau jawa.

Berawal dari wali santri PTYQ Anak-anak yang memberikan keluh kesah kepada Yayasan Arwaniyyah, bahwa setelah putra mereka lulus dari PTYQ Anak-anak namun belum menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya akan kemana mereka melanjutkan hafalan yang intensif, dengan pondok dan sekolah yang terintegrasi, serta dalam satu area.

“Gayung Bersambut” adalah istilah yang tepat dari peristiwa itu, dimana Yayasan Arwaniyyah mendapatkan gelontaran dana dari Kementerian Agama untuk sarana pembangunan MTs. Seiring dengan itu, Bapak H. Tas’an Wartono (PR. SUKUN) mewakafkan tanah yang diperuntukkan kepada KH. M. Ulin Nuha Arwani di Desa Menawan. Menjawab nikmat Allah ini, Yayasan Arwaniyyah membentuk sebuah tim pembangunan PTYQ Menawan yang diketuai oleh Drs. KH. Abdul Manaf (Sie. Pembangunan Yayasan Arwaniyyah saat itu) dan Drs. H. M. Didik Hartoko (Kopontren Yayasan Arwaniyyah saat itu). Pembangunan PTYQ Menawan pun dimulai pada tahun 2008.

Sejak dulu KH. M. Ulin Nuha Arwani dan KH. M. Ulil Albab Arwani, selaku pengasuh PTYQ Menawan Kudus bercita-cita memiliki pondok modern yang berbasis sekolah dengan mensinergikan antara Al-Qur’an, ilmu pengetahuan, serta bahasa asing. Demi merealisasikannya, beliau sering mendatangkan ustadz pengabdian dari PM. Gontor untuk mendidik di PTYQ Anak-anak, namun belum sesuai harapan. Hingga harus menunggu beberapa tahun lamanya dan akhirnya muncullah setitik harapan untuk mewujudkan cita-cita beliau, harapan itulah yang bernama PTYQ Menawan.

Pendiri

  1. KH. M. Ulin Nuha Arwani,
  2. KH. M. Ulil Albab Arwani.

Pengasuh

  1. KH. M. Ulin Nuha Arwani,
  2. KH. M. Ulil Albab Arwani.

Visi:
Terwujudnya insan yang Qur’ani, Amali, dan Saintis.

Misi:

  • Menyiapkan peserta didik yang berakhlakul karimah dan hafiz Al-Qur’an.
  • Menyiapkan peserta didik yang terampil berbahasa Arab dan Inggris serta mampu membaca kitab kuning.
  • Membentuk peserta didik yang berjiwa Iman dan Taqwa, berjiwa Patriot, menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, memiliki daya saing, dan mampu mengembangkan diri.
  • Menyelenggarakan pembinaan dalam bidang riset, sains, dan teknologi.

Program Pendidikan

  1. Tahfidz Al-Qur’an 30 Juz dengan pendidikan formal pada jenjang
  2. MTs,
  3. MA.


Upacara di Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus

Hafalan di Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus

Istighosah di Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus

Ekstrakulikuler
Kegiatan ekstrakulikuler merupakan salah satu wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat. Macam kegiatan terus dikembangkan secara kualitas maupun kuantitas. Kegiatan ekstrakulikuler di MTs/MAS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus pada tahun pelajaran 2020/2021 adalah sebagai ebrikut:

1. Qiro’ah Sab’ah
2. Seni Qiro’ah
3. Qiro’atul Kitab
4. Kaligrafi
5. Rebana
6. Pramuka
7. KIR
8. Pencak Silat
9. Sepak Bola
10. Bola Voli
11. Badminton
12. Tenis Meja
13. Olimpiade (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi)
14. Jurnalistik
15. Robotik
16. Sastra Bahasa

Fasilitas
1. Ruang Kelas
2. Perpustakaan,
3. Sarana Olahraga,
4. Green House.
5. Masjid,
6. Laboratorium,
7. Ruang Guru.

Alamat
Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Jl. Rahtawu Raya, Menawan, Kec. Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59333
Email: pt.yanbuulquran.menawan@gmail.com
Website: https://www.yanbumenawan.sch.id/
Facebook: https://id-id.facebook.com/PTYQM
Instagram: https://www.instagram.com/pt_yanbuul_quran_menawan/

Referensi       
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: https://yanbumenawan.sch.id

Kunjungi Juga:

 

Relasi Pesantren Lainnya