Pesantren Internasional Al-Illiyyin, Wringinanom, Kab.Gresik

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Internasional Al-Illiyyin, Wringinanom, Kab.Gresik
Profil
Pesantren Internasional Al-Illiyyin didirikan oleh KH. Khoirur Roji. pada tahun 1995, pesantren ini berlokasi di Ds. Sumberwaru RT 02 RW 03 Sumberwaru Wringinanom Gresik Jawa Timur.

Pada tahun 2009 estafet kepemimpinan diberikan kepada putranya Gus Ahmad Yani Illiyin, setelah wafatnya KH. Khoirur Roji, perkembangan pesantren berkembang pesat dengan berdirinya pesantren Internasional Al-Illiyin, dengan pembelajaran kitab-kitab klasik, tahfidzul Qur'an.
 
Seiring perkembangan waktu pesantren telah mengalami kemajuan dan berkembang modern dengan mendirikan gedung-gedung baru, dan mendirikan lembaga pendidikan formal dibawah naungan Kemenag yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Sejarah
Pada tahun 1981, bermula dari sebuah pengajian monolog di sebuah masjid Baiturrrohman Sumberwaru dan juga pengajian rutin keliling dimasyarakat sekitar sampai wilayah surabaya yang dipimpin oleh seorang tokoh yang sangat kharismatik di lingkungan masyarakat sumberwaru bernama KH. Khoirur Roji.

Pada saat itu beliau melihat kondisi masyarakat masih jauh dari norma-norma Islam. Sebagai sarana dakwahnya beliau adalah orang yang pertamakali merintis diadakannya Ziaroh Wali Songo untuk pertamakalinya di wilayah kecamatan Wringinanom, sekaligus beliau juga sebagai salahsatu perintis berdirinya MWC NU Wringinanom.

Pada tahun 1995 memiliki cita-cita untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan non formal, yaitu berupa Pondok Pesantren (cita-cita inilah yang akhirnya diteruskan oleh putranya untuk merealisasikan pembangunan pondok pesantren yang menjadi cikal bakal berdirinya Yayasan Jam’iyah Sholawat Ibrohimiyah dengan Akte notaris JATILELONO, S.H. No. 112 pada tanggal 22 November 2013 M).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.