Meski Tak Wajib, Ma'ruf dan Sandiaga akan Hadiri Debat Kedua

 
Meski Tak Wajib, Ma'ruf dan Sandiaga akan Hadiri Debat Kedua

 

LADUNI.ID,NASIONAL - Debat kedua pilpres hanya akan menampilkan calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Meski begitu, cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno dipastikan akan hadir.

Hal ini disampaikan oleh tim kampanye masing-masing pasangan calon.

Nantinya, Ma'ruf dan Sandi akan hadir sebagai tamu undangan. Keduanya tidak akan berada di atas panggung debat melainkan ditempatkan di kursi tamu.

"Dalam debat head to head Pak Jokowi dan Pak Prabowo ini, cawapres kami Sandiaga Salahudin Uno hadir bersama tokoh-tokoh di sini," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso usai rapat persiapan debat kedua di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019).

Sementara itu, Direktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Aria Bima, mengatakan, Ma'ruf akan hadir pada debat kedua memenuhi undangan KPU.

Atas rencana tersebut, timses akan menyiapkan protokoler dan sejumlah persiapan lainnya.

"Pak Ma'ruf juga akan hadir karena ada undangan. Makanya saya tekankan bagaimana mengenai cawapresnya, ternyata KPU mengundang, berarti keprotokolerannya juga disiapkan, tempat duduknya disiapkan," kata Aria.

Sebelumnya, KPU menyebutkan cawapres tak wajib hadir dalam debat kedua pilpres. Sebab, peserta debat kedua hanya calon presiden.

Sekalipun cawapres hadir, status mereka bukan sebagai peserta debat melainkan tamu undangan.

"(Kehadiran cawapres) nggak diwajibkan, mau enggak dateng boleh, mau dateng boleh," kata Komisioner KPU Ilham Saputra.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

SUMBER:Kompas.com