Do’a Menginginkan Kehadiran Anak Laki-Laki

 
Do’a Menginginkan Kehadiran Anak Laki-Laki
Sumber Gambar: ilustrasi.Png

LADUNI.ID, Jakarta – Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehadiran seorang anak, terlebih pasangan yang baru saja menikah. Dari beberapa pasangan suami istri menginginkan kehadiran seorang anak itu sangatlah wajar. Apalagi pasangan suami istri ingin agar Anak Petama lahir anak laki-laki, berbagai cara dan ikhtiar dilakukan.

Do’a merupakan ikhtiar yang sangat penting, sebab dengan do’a kita memohon kepada Allah, Dzat yang akan menciptakan keturunan, agar berkenan menciptakan bayi laki-laki dari rahim istri.
Allah SWT telah memerintahkan hamba-Nya untuk berdo’a, dan Allah pasti akan mengabulkannya.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

“Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS Al-Mu’min 40: 60).

Syaikh Muhammad At-Tahami Ibnu Madani, dalam kitab Qurrotul ‘Uyun halaman 149 menjelaskan,

مَنْ اَرَادَ اَنْ يُوْلَدُ لَهُ ذَكَرٌ فَلْيُسَمِّ حَمْلَ امْرَأَتِهِ بِاسْمِ مُحَمَّدِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ

Barangsiapa menginginkan untuk anak laki-laki, maka memberi nama ketika istrinya hamil, dengan nama Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam penjelasan lain terdapat do’a sebagai berikut,

اللهم ان كنت خلقت خلقا فى بطن هذه المرأة فكوّنه ذكرا واسميه احمد بحق محمد صلى الله عليه وسلم رب لاتذرنى فردا وانت خير الوارثين

Ya Allah apabila engkau berkehendak menciptakan seorang makhluq di dalam perut wanita ini, maka jadikanlah anak laki-laki dan akan aku beri nama Ahmad, dengan bertawasul kepada Muhammad Shollallahu’alaihi wasallam, wahai Tuhanku jangan engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan engkaulah waris yang paling baik. (Sa’adah Ad-Daroin, halaman 655). Do’a ini bisa dibaca sambil memegang perut istrinya.

Dalam kitab Qurrotul ‘Uyun juga dijelaskan,

وَاِذَا اَرَادَ تَكْوِيْنَ الْوَلَدِ ذَكَرًا فَلْيَأْمُرْهَا بِالنَّوْمِ عَلَى شِقِّهَا الْاَيْمَنِ عِنْدَ فَرَاغِهِ وَالْاُنْثَى بِلْعَكْسِ

Jika suami ingin memiliki anak laki-laki, hendaknya ia meminta istrinya agar tidur miring ke kanan setelah selesai bersetubuh. Jika ingin anak perempuan, hendaklah miring ke kiri.

وَقَالَ ابْنُ عَرْضُوْنَ : قَالَ صَاحِبُ الْاِيْضَاحِ : يَنْبَغِى اِذَا اَحَسَّ بِالْاِنْزَالِ اَنْ يَمِيْلَ عَلَى جَنْبِهِ الْاَيْمَنِ، وَكَذَلِكَ اِذَا انْتَزَعَ يَمِيْلَهِا اَيْضًا عَلَى جَنْبِهَا الْاَيْمَنِ، فَإِنَّ الْوَلَدَ يَنْعَقِدُ ذَكَرًا اِنْ شَاءَ اللّٰه تَعَالَى.

“Imam Ibnu ‘Ardhun berkata; pengarang kitab Al-Idhoh menjelaskan: ketika suami merasa akan ejakulasi, hendaknya dia miring ke arah lambung sebelah kanan. Begitu pula ketika ia ingin melepas kemaluan, hendaknya memiringkan istri ke arah lambungnya sebelah kanan. Insyaallah anaknya akan menjadi laki-laki.”

Itulah anjuran agama Islam yang tertuang dalam kitab Qurrotul Uyun agar mendapatkan anak laki-laki.
Selain dengan cara memohon (do’a kepada Allah dan mengatur cara berhubungan intim, bisa juga menggunakan teori-teori medis, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung banyak sodium dan potassium seperti pisang dan stroberi, atau memperbanyak mengonsumsi daging.
Semoga Bermanfaat…Aamiin..

 

 

Sumber : Kitab Qurrotul ‘Uyun

___________
Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada Minggu, 3 Pebruari 2019 . Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan.
Editor : Sandipo