Rangkaian Bacaan Dzikir setelah Shalat

 
Rangkaian Bacaan Dzikir setelah Shalat
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bacaan dzikir setelah shalat adalah kumpulan dari bermacam-macam kalimat thayyibah, shalawat dan doa. Di dalamnya terdapat bacaan istighfar, bacaan tahlil, kalimat tauhid, puji-pujian kepada Allah, Surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, bacaan tasbih, bacaan tahmid, bacaan takbir dan shalawat nabi. 

Bacaan dzikir sesudah shalat itu mengandung faedah dan keutamaan yang dapat menghapus dosa kita, memudahkan urusan dunia serta persoalan hidup. Dan yang paling penting adalah menjadi tabungan pahala untuk kepentingan akhirat kita.

Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar pada Babul Adzkar ba'das Sholah mengatakan bahwa ulama telah bersepakat (ijma') tentang kesunnahan dzikir usai shalat, yang mana hal itu berlandaskan banyak Hadis shahih dengan jenis bacaan yang amat beragam. Sebagian besar pesantren di Indonesia mengamalkannya.

Berikut ini adalah di antara rangkaian bacaan dzikir sesudah shalat, khususnya shalat maktubah/fardhu, yang disusun oleh pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban, KH. Muhammad bin Abdullah Faqih, sebagaimana dikutip dari Majmu'ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu'iyyah. Beliau mengutipnya antara lain dari Hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Bukhari, Abu Dawud, serta diambil juga dari Kitab Bidayatul Hidayah dan lainnya.

  • Baca juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN