Calender Even Aceh 2019 Diluncurkan

 
Calender Even Aceh 2019 Diluncurkan

LADUNI.ID.BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat meulaunching Calender of Event (CoE) Aceh 2019. Kegiatan peluncuran kelender even ini dilakukan di aula rapat Disbudpar Aceh, Senin (25/2/2019).

Kegiatan yang mengambil tema “Aceh Hebat melalui Program Pesona Wisata 2019” itu turut dihadiri Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin, Kabid Pemasaran Rahmadhani, para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Aceh, serta pihak terkait lainnya.

Jamaluddin mengatakan, siap untuk melaksanakan even atau atraksi wisata berbasis alam, budaya dan berkarakter daerah yang telah dikurasi pihaknya yang dirangkum dalam kalender even ini dengan berkoordinasi kepada sejumlah pihak terlibat.

Ia juga mengatakan, peluncuran kalender even ini dilakukan tak hanya untuk memperkenalkan ragam daya tarik wisata dan keunikan atraksi daerah kepada wisatawan, menarik minat berkunjung ke Aceh untuk menikmati pesona alam dan budaya serta kearifan lokal masyarakat Aceh.

Selain itu juga, untuk mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata halal, tetapi juga untuk membangun semangat dan komitmen pemerintah dalam memperkenalkan daerah.

“Calender of Event Aceh 2019 juga direncanakan akan dilaunching oleh Menpar RI, Bapak Arief Yahya dan Plt Gubernur Aceh, Bapak Nova Iriansyah pada pertengahan Maret nanti di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar RI yang dihadiri oleh para pelaku usaha industri pariwisata nasional dan internasional serta lainnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 100 even atraksi wisata yang akan dilaksanakan tahun ini. Seratus even itu tak hanya berasal Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh, tetapi juga dari Pemkab serta pihak terkait lainnya yang mana, Disbudpar Aceh melakukan 47 even, Pemkab/Pemko melaksanakan 49 even dan pihak SKPA/Instansi Pemerintah melakukan 4 even.

“Calender of Event Aceh 2019 ini dikelas unik dan menarik serta bernuansa wisata halal yang dibagi dalam 2 segmen yakni 10 Top Event Aceh 2019 dan 90 Event Unggulan Aceh 2019. Khusus 10 even, 3 even diantaranya masuk ke dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia 2019 Kemenpar RI yakni Aceh Culinary Festival 2019 (Banda Aceh 5-7 Juli, Saman Gayo Alas Festival (Blangkejeren 18 Agustus) dan Aceh International Diving Festival (Sabang 6-7 Oktober),” ungkapnya.

Semakin banyak jumlah atraksi wisata yang akan digelar di Aceh, sebutnya, akan semakin maju dan berkembang destinasi wisata baru dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung.

“Juga akan semakin viralnya pesona wisata Aceh di berbagai dunia maya dan akan semakin terbukanya Aceh kepada wisatawan sebagai destinasi yang aman, nyaman dan menawan,”pungkas Jamaluddin didampingi Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani. (analisisnews.com)