KHR. As'ad Pernah Istifadah Ihya' Ulumuddin Langsung kepada Imam Ghazali

 
KHR. As'ad Pernah Istifadah Ihya' Ulumuddin Langsung kepada Imam Ghazali

LADUNI.ID, Jakarta - Pada suatu saat KHR. As’ad Syamsul Arifin datang ke Sayyid Amin Kutbi Makkah Al-Mukarromah (1327- 1406 H). Kiai As'ad menyampaikan isi hatinya kalau ingin istifadah kitab Ihya’ Ulumuddin kepada beliau.

Mendengar apa yang disampaikan Kiai As'ad tersebut, Sayyid Amin mengatakan, silahkan langsung istifadah sama Hujjatul Islam Imam Ghazali. Sudah nunggu di kamar, kemudian Kiai As’ad masuk kamar selama kurang lebih 15 menit, istifadah kitab Ihya' kepada muallif (pengarang)-nya langsung.

Atas kejadian ini, Kiai As’ ad pernah menyampaikan kepada almarhum KH. Zahrowi Musa. Ketika beliau berkunjung ke rumahnya di Jalan cempaka kota Situbondo, setelah melihat gambar imajinatif imam al-Ghazali dengan rambut gondrong dan botak (sebagaimana gambar yang umum).

Kiai As’ ad mengatakan ini bukan foto Imam Ghazali, yang saya tahu tidak demikian. Kemudian beliau cerita kisah pertemuannya dengan al-Ghazali.

… . . ﻧﻔﻌﻨﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻌﻠﻮﻣﻬﻢ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻬﻢ ﻭﺃﺳﺮﺍﺭﻫﻢ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ

Pada tahun 1986, sekitar Jam 8 pagi, Kiai As'ad Syamsul Arifin bersama KH. Zahrowi Musa berkunjung ke almarhum KH. Mukhtar Syafa'at, Banyuwangi, Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung.

Sampai di depan kediaman Kiai Mukhtar Syafa'at, beliau turun langsung naik ke masjid shalat dua rokaat, jarang sekali beliau melakukan seperti itu. Setelah selesai shalat Kiai As’ ad menceritakan mengapa shalat dua rakaat.

Beliau mengatakan sedang tabarrukan kepada Imam Ghazali. Imam Ghazali baru duduk dan shalat di tempat ini dan bekasnya masih hangat, dawuh Kiai As’ ad.

Imam Ghazali hadir ketika Kiai Mukhtar Syafa'at molang (ngajar) kitab Ihya’ tadi. Waktu itu Kiai Syafa'at rutin membaca kitab Ihya’ setiap pagi yang diikuti para santri Blok Agung.

… . . ﺃﻣﺪﻧﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺄﺳﺮﺍﺭﻫﻤﺎ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻬﻤﺎ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ