Khasiat Bawang Hitam yang Mengejutkan

 
Khasiat Bawang Hitam yang Mengejutkan

LADUNI.ID | - Bawang hitam sudah sangat populer saat ini. Bawang hitam adalah bawang putih yang telah diawetkan. Proses tersebut akan mengubah warna bawang putih menjadi hitam dan juga mengubah sifat kimia dan juga mengubah rasanya menjadi lebih manis dan aroma yang tidak terlalu kuat. Tekstur bawang hitam juga terasa lebih lembut dan kenyal seperti agar.

Prses pengawetan bawang hitam adalah dengan cara bawang putih segar disimpan pada suhu tinggi sekitar 60-80 derajat Celcius dengan kelembapan 70-90% selama 10-40 hari. Bawang hitam sudah sangat diminati oleh banyak masyarakat karena khasiatnya yang cukup banyak.

Berikut beberapa manfaat bawang hitam yang menakjubkan:.

1. Mencegah dan mengatasi berbagai penyakit kanker
bawang hitam berfungsi untuk menghambat sinyal-sinyal yang mendukung pertumbuhan sel-sel kanker. Sehingga bawang hitam dapat mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit kanker.  Selain itu manfaat bawang putih juga bisa mengobati leukimia.

2. Menjaga kesehatan jantung
Bawang hitam mengandung zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam darah. Sehingga Bawang hitam memiliki peran penting terhadap jantung dan menjaga jantung agar tetap sehat.

3. Menurunkan tekanan darah
Manfaat  bawang hitam yang lain adalah dapat menurunkan tekanan darah agar tetap berada di kisaran normal. Hal ini dikarenakan bawang hitam megandung organosulfur yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan aliran darah terhadap dinding arteri menurun.

4. Sumber antioksidan
Kandungan antioksidan pada bawang hitam berkali-kali lebih efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Proses pengawetan bawang putih segar telah mengubah kandungan alisin menjadi berbagai senyawa antioksidan yang sangat kuat dan baik bagi kesehatan. Sehingga bawang hitam dapat menangkap radikal-radikal bebas dan mengurangi resik kerusakan kulit, sel dan jaringan. 

5. Mengatasi alergi
Bawang hitam berkhasiat dapat mengatasi aleri karena kandungan bawang hitam dapat memberi hambatan pada molekul penyebab alergi dan mengaktifkan sel-sel imunitas yaitu makrofag.