Memiliki Hewan Piaraan, Ketahuilah 6 Manfaat Ini

 
Memiliki Hewan Piaraan, Ketahuilah 6 Manfaat Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Apakah Anda punya hewan peliharaan? Apakah hewan piaraan sangat berarti bagi Anda? Kalau begitu, memelihara hewan peliharaan cenderung memiliki banyak manfaat bagi Anda, terutama untuk kesehatan Anda. Kucing, anjing, burung, segala jenis hewan peliharaan dapat memberi Anda begitu banyak manfaat bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaat hewan peliharaan.

1. Penghilang Rasa Stres Anda

Bermain dengan hewan peliharaan Anda bisa menghilangkan stres setelah bekerja. Kebahagiaan dan kegembiraan yang Anda dapatkan bisa menghilangkan serotonin, oksitosin, dan dopamin dari tubuh Anda.

2. Melindungi hatimu

Seperti dilansir dari WebMD, Judith Siegel, PhD seorang peneliti mengatakan bahwa ikatan yang kuat antara Anda dan hewan peliharaan Anda dapat menurunkan trigliserida, kolesterol pada tubuh Anda, dan juga menurunkan tekanan darah Anda yang dapat menyebabkan jantung bekerja dengan sehat.

3. Menyembuhkan Alergi Anda

Berdasarkan penjelasan James E. Gern, MD seorang dokter anak bahwa dengan memiliki hewan peliharaan di rumah Anda akan mengurangi kemungkinan anak-anak Anda menderita alergi parah. Ini membantu mereka memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka dan membuat mereka lebih kuat.

4. Mengurangi Rasa Sakit Anda

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Anthrozoos mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu Anda melepaskan rasa sakit setelah operasi, dan membiarkan anjing atau kucing Anda bisa menjadi terapi. Ini akan membantu Anda melupakan rasa sakit dan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit obat penghilang rasa sakit.

5. Menemani 24 jam Anda

Saat Anda tua, hewan peliharaan bisa menjadi pilihan yang baik untuk menemani waktu lama Anda. Atau ketika Anda hidup sendiri itu bisa menjadi teman terbaik. Ada pepatah yang mengatakan Anjing adalah pria sahabat. Namun setiap hewan peliharaan. Kucing, anjing, burung, tupai dan lain-lain bisa menjadi teman terbaik Anda saat Anda sendirian.

6. Mengoptimalkan otak Anda

Percaya atau tidak, memiliki hewan peliharaan di rumah Anda dapat mengoptimalkan fungsi kognitif otak Anda. Anda bisa lebih fokus saat melakukan pekerjaan Anda tanpa Anda sadari. Pet bisa meningkatkan cara berpikir Anda, membuat Anda lebih baik dalam menyelesaikan beberapa masalah, membuat keputusan, bahkan pada cara Anda berbicara.