Perhatikan 5 Hal Sebelum Memulai Bisnis

 
Perhatikan 5 Hal Sebelum Memulai Bisnis

LADUNI.ID - Merasa tak siap, waktunya belum tepat, modalnya besar atau merasa tak memiliki pengalaman dalam berbisnis?. Banyak orang mempunyai mimpi bisa membuka bisnis sendiri.

Anda harus segera memulainya. Faktanya, tak ada waktu yang tepat untuk memulai sebuah bisnis.

Adapun 5 hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis:

1. Ide bisnis

Tetapkan apa yang direncanakan untuk dilakukan, apa yang akan Anda jual, dan bagaimana hal itu berbeda dari produk lainnya yang dijual di pasaran. Apa ide besar Anda? Anda harus dapat mengartikulasikan ide bisnis Anda dalam bahasa yang sederhana.

2. Model pendapatan

Pikirkan tentang apa yang Anda rencanakan untuk dijual dan bagaimana mengemasnya agar bisa menghasilkan uang.

Apakah ada potensi untuk menghasilkan uang yang berkelanjutan?, misalnya apakah itu produk dengan harga tunggal, lisensi perangkat lunak, atau ada beberapa penawaran?

Supaya Anda dapat memproyeksikan kapan Anda mulai menghasilkan pendapatan, tentukan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mendapatkan penawaran pertama yang siap dijual

Hal tersebut akan membantu Anda memproyeksikan kebutuhan arus kas Anda, yang sangat penting pada tahap awal membangun bisnis. Tidak ada yang membunuh bisnis lebih cepat daripada kurangnya arus kas.

3. Pelanggan

Buat demografi pelanggan ideal Anda termasuk lokasi, usia, pekerjaan, tingkat pendapatan, hobi, suka dan tidak suka dll. Semakin jelas Anda menentukan target pelanggan, semakin besar peluang untuk menemukan dan menjangkau mereka melalui promosi pemasaran yang tepat.

Selanjutnya, Anda akan menjadi lebih mudah untuk menemukan dan memasarkannya kepada mereka. Ini membantu menentukan bahasa Anda, nada suara, posisi dan membantu Anda berkomunikasi dengan cara yang menarik.

4. Nilai

Menentukan harga yang tepat akan membantu Anda memikirkan langkah-langkah yang diperlukan.

Apa yang diperlukan untuk memenuhi pertukaran nilai ini dan di mana mereka bisa membayar produk Anda serta bagaimana Anda mengirimkan produk / layanan Anda?

Apakah Anda memerlukan toko fisik untuk menawarkan produk / layanan Anda? Apakah akan menjual produk secara online atau dalam aplikasi? Apakah Anda perlu mengetahui logistik pengiriman? 

5. Validasi

Ini bisa dibilang hal paling penting yang dapat Anda lakukan sebelum memulai bisnis. Uji teori Anda sebelumnya.

Sampai Anda mengonfirmasi bahwa ada orang yang bersedia membayar penawaran Anda Ide bisnis akan tetap menjadi teori. Terlalu banyak startup yang diluncurkan tanpa terlebih dahulu dilakukan divalidasi dengan benar di dunia nyata.

Anda perlu mengujinya, setelah Anda menentukan target pelanggan Anda. Anda akan punya ide bisnis yang valid jika Anda bisa membuat orang lain rela membayar produk Anda.

 

 

Tags