Sholat Istikharah, Solusi Terbaik Memecahkan Segala Masalah

 
Sholat Istikharah, Solusi Terbaik Memecahkan Segala Masalah
Sumber Gambar: KibrisPdfsandipo

LADUNI.ID, Jakarta - Di antara sholat sunah yang dianjurkan Rasulullah SAW adalah sholat Istikharah. Sholat Istikharah adalah adalah sholat sunnah yang fungsinya untuk memohon petunjuk Allah SWT atas segala kebimbangan seseorang dalam mengambil keputusan atau dalam memilih di antara dua hal yang sulit yang sama-sama baiknya dengan cara melakun shalat dua rakaat dan berdoa kemudian biarkan kelapangan hati yang memutuskan dan perlu diketahui bahwa sholat Istikharah bukan dikhususkan untuk mencari petunjuk dalam memilih pasangan hidup atau dengan isyarat mimpi sebagimana kebiasaan yang dilakukan oleh sebagai masyarakat Indonesia pada umumnya.

Secara lughawi (etimologi) sebagaimana yang disebutkan Ibnu Mandzur (w. 711 H) dalam Lisanu al-Arab, kata Istikharah mempunyai arti:

طلَبُ الخِيرةِ في الشيءِ

“Meminta pilihan pada sesuatu” berasal dari bahasa Arab :

استخِرِ اللهَ يَخِرْ لك

“Kau memohon pilihan pada Allah SWT , maka Allah SWT memilihkan untukmu”.

Sedangkan secara istilah (termonologi) menurut Syaikh Ibnu Hajar al-Asqalaniy (w. 852 H) dalam Fathu al-Bari Syarhi Shahih Bukhariy, istikharah adalah:

طلب خير الأمرين لمن احتاج إلى أحدهما

“Berusaha memilih yang terbaik salah satu di antara dua hal” dengan cara shalat dan berdoa. Sementara Syaikh Muhammad bin Abdullah bin Ali al-Kharsyiy al-Malikiy (w. 1101 H) dalam kitabnya Hasyiyah al-Kharsyiy ala Mukhtashar Sayyid Khalil mendefinisakan:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN