Sudah Siapkah Anda untuk Menjawab Pertanyaan di Alam Barzakh?

 
Sudah Siapkah Anda untuk Menjawab Pertanyaan di Alam Barzakh?

Lanjutan Bab Keenam (7)

وقد ذكر بعضهم السر في تخصيص البول والنميمة والغيبة بعذاب القبر وهو أن القبر أول منازل الآخرة وفيه أنموذج ما يقع في يوم القيامة من العقاب والثواب. والمعاصي التي يعاقب عليها يوم القيامة نوعان حق الله وحق لعباده وأول ما يقضي فيه يوم القيامة من حقوق الله الصلاة ومن حقوق العباد والدماء. وأما البرزخ فقضي فيه في مقدمات هذين الحقين ووسائلها فمقدمة الصلاة الطهارة من الحدث والخبث ومقدمة الدماء النميمة الوقيعة في الأعراض وهما أيسر أنواع الأذى فيبدأ في البرزخ بالمحاسبة والعقاب عليهما.

Sebagian ulama' menyebutkan rahasia pengkhususan air kencing, namimah dan ghibah bisa menyebabkan adzab kubur, yaitu bahwa alam kubur adalah tempat tinggal pertama di alam akherat. di dalamnya banyak terdapat contoh siksa dan pahala yang akan terjadi di hari kiamat nanti.

Sedangkan kemaksiyatan yang akan mendapatkan siksaan di hari kiamat itu ada dua macam, yaitu menyangkut hak Allah dan menyangkut hak hamba-Nya. Yang pertama kali di tuntut dari hak Allah di hari kiamat adalah masalah sholat, sedangkan dari hak hamba adalah masalah darah.

Di alam barzakh, telah diputuskan di dalamnya pendahuluan dan perantaraan dari dua macam hak ini.   pendahuluan sholat adalah bersuci dari hadats dan kotoran, sedangkan pendahuluan darah adalah namimah yang menodai kehormatan manusia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN