5 Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

 
5 Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

LADUNI.ID, Jakarta - Seringkali ketika seseorang dikejar-kejar oleh aktivitas yang padat, pasti ia akan melewatkan sarapan. hingga lupa makan siang sampai matahari tenggelam. Kebiasaan membiarkan perut kosong seperti ini sangat tidak baik apabila dilakukan terus menerus. Karena, dapat menyebabkan kerusakan pada lambung yaitu muncul penyakit Maag.

Dikutip dari Life Hack, berikut 5 makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan saat perut kosong.

1. Tomat

Meskipun memiliki kandungan nutrisi dan jumlah vitamin C yang tinggi, tomat juga mengandung asam tannic yang mampu meningkatkan keasaman di perut.

Jika dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong, maka akan menyebabkan luka pada lambung. Sebaiknya konsumsi tomat saat sudah ada asupan karbohidrat dalam lambung.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga keasaman lambung dan dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus.

Namun, yoghurt tidak setiap saat bisa dikonsumsi. Hindari mengonsumsi ini pada saat perut sedang kosong. Karena, tingkat asam lambung yang sudah tinggi ditambah dengan konsumsi makanan ini bisa membuat organ terganggu.

3. Gula olahan

Kebanyakan dari kita tentu tahu bahwa konsumsi gula secara berlebih tidak baik bagi tubuh. Produk gula olahan akan punya efek buruk yang sama jika dikonsumi terus menerus.

Sebut saja sirup, soda hingga pemanis buatan lainnya. Produk olahan yang dibuat dari gula ini tidak baik dikonsumsi apabila perut sedang kosong. Isi perut terlebih dahulu dengan air putih dan makan sarapan yang bergizi.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu panganan diet yang paling utama. Selain mampu membantu seseorang menyembuhkan sembelit, sejumlah peneliti menyebut bahwa buah ini adalah makanan yang super hebat.

Tetapi, pisang mengandung banyak magnesium dan potassium lho detikers, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar magnesium dan kalium dalam darah jika memakannya saat perut kosong.

5. Kopi

Minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman dan bisa memicu sakit maag hingga gangguan pencernaan sepanjang hari. Minum kopi sebelum jam 09.30 pagi bukanlah waktu yang baik, apalagi saat baru bangun tidur.

Beberapa ilmuwan menemukan bahwa tubuh menghasilkan jumlah hormon stres kortisol yang lebih tinggi, yang membantu tetap berenergi antara pukul delapan hingga sembilan pagi.

Dengan minum kopi sebelum atau selama jam itu, kafein akan mengurangi produksi kortisol di pagi hari. Jadi bagi kebanyakan orang, waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah jam 09.30 pagi.