Keistimewaan Hari Jumat, Sayyidul Ayyam

 
Keistimewaan Hari Jumat, Sayyidul Ayyam

LADUNI.ID, Jakarta - Hari Jumat merupakan hari yang paling baik bagi umat muslim, bahkan disebut sebagai sayyidul ayyam, pemimpin hari-hari lainnya, kata Jumat berasal dari bahasa Arab “Jum'ah” yang berarti berkumpul, karena pada hari itu semua orang Islam yang laki-laki akan berkumpul ketika melaksanakan ibadah shalat Jumat. Semua aktifitas dihentikan sejenak, bermunajat kepada Allah swt. Sesungguhnya akhirat itu lebih baik lagi kekal. Sebagaimana firman Allah swt.
“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Qs. Al-Jumu’ah: 9)
Hari Jumat memiliki keutamaan dan keistimewaan yang disebutkan dalam Al Quran.

Berikut keutamaan dan keistimewaan hari Jumat:

1. Hari Terbaik
Abu Hurairah ra meriwayatkan kalau Rasulullah SAW bersabada : “Hari paling baik dimana pada hari itu matahari terbit yaitu hari Jum’at. Pada hari itu Adam di ciptakan, dimasukkan surga dan di keluarkan darinya. Serta kiamat tidak akan berlangsung terkecuali pada hari Jum’at.

2. Ada Waktu Mustajab untuk Berdo’a.
Abu Hurairah ra  berkata Rasulullah SAW bersabda : “Sebenarnya pada hari Jum’at ada saat mustajab apabila seseorang hamba muslim melakukan shalat serta memohon suatu hal pada Allah pada saat itu, pasti Allah bakal mengabulkannya. Rasululllah memberikan isyarat dengan tangannya melukiskan sekurang-kurangnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih)

3. Sedekah pada hari itu lebih paling utama di banding sedekah pada hari-hari yang lain.
Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim]

4. Hari ketika Allah SWT memperlihatkan diri pada hamba-Nya yang beriman di Surga.
Teman dekat Anas bin Malik  dalam memberi komentar ayat : “Serta Kami memiliki pertambahannya ” (QS. 50 : 35) menyampaikan : “Allah memperlihatkan diri pada mereka sehari-hari Jum’at”.

5. Hari besar yang berulang tiap-tiap pekan
Keharusan sholat Jum’at adalah sebesar-besar keharusan Islam yang paling diutamakan serta seagung-agungnya berhimpunnya golongan muslimin. Barangsiapa meninggalkannya (menunaikan sholat Jum’at) lantaran meremehkannya, pasti Alloh tutup hatinya seperti didalam hadits shahih yang diriwayatkan Muslim. Ibnu Abbas  berkata : Rasulullah SAW bersabda :
Hari ini yaitu hari besar yang Allah tentukan untuk ummat Islam, jadi siapa yang akan menghadiri shalat Jum’at sebaiknya mandi terlebih dulu. ” (HR. Ibnu Majah)

6. Hari dihapuskannya dosa-dosa
Salman Al Farisi z berkata : Rasulullah SAW  bersabda : “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai sama kekuatan, membereskan rambutnya, memoleskan minyak wangi, lantas pergi ke masjid, serta masuk masjid tanpa ada melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, lalu shalat sesuai sama tuntunan serta diam ketika imam berkhutbah, pasti diampuni dosa-dosanya diantara dua Jum’at “. (HR. Bukhari).

7. Orang yang jalan untuk shalat Jum’at bakal memperoleh pahala untuk setiap langkahnya, setara dengan pahala beribadah setahun shalat serta puasa.
Aus bin Aus  berkata : Rasulullah y bersabda : ” Siapa yang mandi pada hari Jum’at, lalu bersegera pergi menuju masjid, serta tempati shaf paling depan lalu dia diam, jadi tiap-tiap langkah yang dia ayunkan memperoleh pahala puasa serta shalat sepanjang setahun, serta itu yaitu hal yang mudah untuk Allah “. (HR. Ahmad serta Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

8. Meninggal dunia saat malam hari Jum’at atau siangnya yaitu sinyal husnul khatimah, yakni dibebaskan dari fitnah (azab) kubur.
Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, kalau Rasulullah SAW bersabda : ” Tiap-tiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, pasti Allah bakal menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad serta Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

9. Hari paling penting di dunia
Terdapat banyak peristiwa yang berlangsung pada hari jum’at ini, diantaranya :
• Allah membuat Nabi Adam ‘alaihissallam serta mewafatkannya.
• Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan kedalam surga.
• Hari Nabi Adam ‘alaihissallam di turunkan dari surga menuju bumi.
• Hari bakal terjadinya kiamat.
• Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata :

Hari terbaik di mana matahari terbit pada hari itu yaitu hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, serta pada hari itu juga Adam dimasukkan kedalam surga, dan di turunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat bakal berlangsung, pada hari itu ada satu saat di mana tidaklah seseorang mukmin shalat menghadap Allah menginginkan kebaikan terkecuali Allah bakal mengabulkan permintannya. ” (HR. Muslim)