Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) Jombang

 
Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) Jombang

PROFIL
Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) Jombang adalah salah satu perguruan tinggi di Kab. Jombang yang dirintis oleh Yayasan Bani Abdul Fattah, sebuah yayasan yang dirintis dan didirikan oleh Dzurriyah Hadrotus Syaikh KH. Abd. Fattah Hasyim-Mbah Nyai Hj.Musyarrofah Bisyri Dengan Akta Notaris No.22 Tahun 2006 M. Sebelum menjadi Institut, kampus yang berada di kawasan Pond. Pest. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini bernama Sekolah Tinggi Islam Bani Fatah (STIBAFA).

Kelahiran IAI Bani Fattah berawal dari keinginan para masyayikh untuk menyiapkan santri yang intelektual. Berdasarkan atas himmah ini kemudian diadakan perkuliahan yang bertempat di pesantren dengan tetap mempertahankan ciri khas sistem pendidikan pesantren, yang diantaranya tempat yang terpisah (tidak ikhtilath) antara mahasiswa dan mahasiswi.

Berdasarkan musyawarah yayasan lengkap  di kediaman KH.M.Ahmad Sahal Mahfudh Kajen pada tanggal 26-27 april 2008 disepakatilah bahwa yayasan Bani Abdul Fatah mendirikan Institut KeIslaman Abdul Fattah Hasyim (IFTAH) dengan tetap mempertahankan budaya pesantren, yakni perkuliahan yang tidak menggabungkan mahasiswa dan mahasiswi. Namun karena beberapa hal untuk mencapai IFTAH maka YBAF mengajukan izin dengan nama STI Bani Fatah (STIBAFA).

Tepat pada tanggal 17 Romadlon 1429 H / 16 September 2008 jam 09.00 WIB pihak YBAF menerima SK perizinan pembukaan prodi Ahwalus Syakhshiyyah (AS) dan Prodi Bahasa Arab (PBA) secara simbolis di gedung Depag Pusat Jakarta dengan Nomor: DJ. I/303/2008 tertanggal 04 September 2008. Dan telah terakreditasi pada tahun 2010 sesuai SK BAN-PT NO. DJ.I/303/2010.

PROGRAM STUDI

ALAMAT
    Tambakberas Jombang Jl. KH. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. II No. 120 / A.
Email:         iaibafajombang@yahoo.co.id
Telepon: (0321) 855530
Kode Pos: 61451
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://iaibafa.ac.id/
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id