Pesantren Al-Mahfudz Jombang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Mahfudz Jombang

Profil
Pondok Pesantren Al-Mahfudz Seblak Diwek Jombang didirikan oleh KH. Ma’sumbin Ali pada tahun 1921. Lokasinya terletak 300 meter ke arah barat dari Pesantren Tebuireng Jombang, termasuk dalam wilayah Dusun Seblak Desa  Kwaron, Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Ketika baru didirikan situasi Pesantren Seblak tidak sama dengan situasi yang dijumpai saat ini.
Dusun Seblak hanya berjarak sekitar 300 m dari pondok pesantren Tebuireng. Lokasi ini menjadi pilihan KH. Ma’shum Ali karena pada saat itu KH Ma’shum Ali yang membantu kepengasuhan di pesantren Tebuireng, berdomisili di Pondok Pesantren Tebuireng, konon ingin mendirikan pondok pesantren yang lokasinya masih dalam jangkauan jalan kaki dari Tebuireng.

KH. Ma’shum Ali adalah ahli Ilmu Fiqh dan Hadist, juga adalah ahli Ilmu Falak yang mumpuni. Beliau menulis dua buku Ilmu Falak yaitu Durusul Falakiyah dan Badi’atul Mitsal dimana keduanya di ajarkan pada santri pondok pesantren Seblak Jombang sejak berdirinya pondok pesantren ini tahun 1928. Alumni pondok pesantren ini pada tahun-tahun itu menjadi ahli Ilmu Falak yang tangguh lalu mengembangkannya di pesantren masing-masing. Dengan demikian ini sepanjang sejarahnya Pondok Pesantren yang belakangan dinamakan Pondok Pesantren ‘Al Mahfudz’ ini sudah dikenal masyarakat luas dengan ikonnya ‘Ilmu Falak’.

Pengasuh
1. KH. Ma’shum Ali

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.