Hukum tentang Pahala Puasa

 
Hukum tentang Pahala Puasa

PERTANYAAN :

Permisi, saya mau nanya Tadz, agak VULGAR DIKIT katanya ada salah satu perbuatan yang bisa meng-CANCEL pahala ibadah Puasa, yaitu NADZARA BIS SYAHAWAT, itu maksudnya apa? apakah yang dimaksud bis syahawat? jika seorang laki-laki melihat perempuan cantik lalu dalam hatinya bilang" wah cantik banget" (namun si Mr.P tidak ereksi) apakah itu masuk kategori nadzara bis syahawat ? 

 

JAWABAN :

Bismillahirrohmanirrohiim. Bulan suci Ramadhan telah tiba, bulan penuh rahmat dan ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kesempatan sangat berharga untuk meraih ampunan besar dari Allah Ta’ala dengan menjalankan ibadah puasa sebaik mungkin secara zahir dan bathin yakni dengan menjaga zahir kita dari melakukan perkara yang membatalkan puasa dan menjaga bathin kita dari perkara yang merusak pahala puasa sehingga puasa kita menjadi sempurna zahir dan bathin.

Berbicara tentang perkara yang membatalkan puasa, maka sudah maklum diketahui dalam kitab-kitab feqah yang ada dari kalangan empat mazhab seperti murtad, haid, nifas, bersetubuh, makan minum dan lainnya. Lalu bagaimana dengan dosa-dosa semisal berdusta, sumpah palsu, berkata kotor, mengghibah dan semisalnya, apakah membatalkan puasa atau pahala puasa sahaja ? Seperti hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini :

خمس يفطرن الصائم الكذب والغيبة والنميمة واليمين الكاذبة والنظر بشهوة

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN