Ayah Sop Jeunib: Perbanyaklah Ingat Mati dan Tegakkan Dinul Islam

 
Ayah Sop Jeunib: Perbanyaklah Ingat Mati dan Tegakkan Dinul Islam

 

LADUNI.ID,ASWAJA- Pengajian Tastafi dan Zikir Yadara yang diasuh Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau Tusop kembali digelar di Masjid Tgk Chik Dipasi, Gampong Tungoe, Kecamatan SimpangTiga Kabupaten Pidie, Pengajian berlangsung pada  malam Sabtu, (25/4/2019)

Setiap pengajian Tusop ini dibagi dalam beberapa sesi. Pada sesi pertama, Tu Sop menyampaikan materi pengajian isi dari kitab turast klasik atau sering disebut Kitab kuning.

Selanjutnya disediakan waktu untuk tanya jawab, baik untuk jama’ah yang hadir secara langsung, dan pengajian tersebut disiarkan secara live Radio Yadara FM 92.8 MHz. Pada lainnya yaitu sesi  dengan bermunajat dan berzikir kepada Allah Swt.

Dalam pengajian ini, dengan mengutip hadis Rasulullah Saw, Tu Sop mengajak para jama’ah untuk merenungi kematian. Tusop mengatakan, “Matilah Kamu Sebelum Mati,  Artinya, jadikan sikap kita hidup didunia sebagaimana sikap orang yang telah mati," ajak pimpinan dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunib itu.

Tusop menjelaskan, hal ini disebabkan, orang yang sudah berada di alam kuburan sangat ingin kembali ke dunia, tapi bukan untuk bersenang-senang, bukan untuk mencari rezki, melaiinkan hanya untuk mengumpulkan amal shaleh dan berjuang supaya menjadi manusia yang sebaik mungkin.

“Inilah sikap orang yang sudah di alam barzah. Maka kalau ini menjadi sikap dan prilaku kita, maka disitulah awal dari kebahagiaan kita hidup didunia, “ ujar Tusop di hadapan lautan jama’ah.

Di samping itu, dalam pengajian tersebut Ayah Sop Jeunib juga mengajak masyarakat untuk  menegakkan agama dengan istiqamah melaksanakan shalat lima waktu.