Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong

 
Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong

LADUNI.ID, Jakarta - Meminum secangkir kopi di pagi hari merupakan kebiasaan bagi sebagian orang. Terkadang mereka belum bersemangat menjalani aktivitas di pagi hari sebelum memulainya dengan secangkir kopi. Memang kopi memiliki  manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah anda bahwa meminum kopi di saat perut kosong justru dapat mengganggu kesehatan anda.  

Hal ini disebabkan karena kopi bisa meningkatkan produksi asam di perut yang dapat merusak lapisan lambung dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Priyanka Rohtagi, seorang ahli nutrisi klinis dari Apollo Hospital di India, menjelaskan bahwa minum kopi hitam dalam kondisi perut kosong di pagi hari dapat memperburuk keasaman. Tetapi jika memiliki kopi yang mengandung gula dan susu ringan, mungkin tidak terlalu buruk. Pastikan juga untuk mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas.

Ia juga menambahkan bahwa penderita maag lebih baik menghindari kopi. Karena kopi dapat memperburuk kondisi lambung si penderita maag. Kemudian, kopi juga tidak disarankan bagi seseorang yang sedang hamil atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Tidak bisa dipungkiri, memang kopi menambah energi seseorang dan mengurangi rasa kantuk. Karena berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum kopi di pagi hari bisa menurunkan produksi kadar kortisol, yang membuat kamu merasa lebih mengantuk. Akan tetapi mengkonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong bukanlah ide yang baik. Tetapi jika kamu sudah terbiasa dan tidak merasakan efek buruk tidak apa. Namun tetaplah kontrol batas maksimal kopi yang kamu minum setiap pagi.