Ibu Hamil Perlu Menghindari Makanan Ini

 
Ibu Hamil Perlu Menghindari Makanan Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Saat masa kehamilan, banyak kebutuhan nutrisi dan vitamin yang harus dikonsumsi demi mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk janin yang sedang dikandung. Karena janin di dalam kandungan memperoleh asupan sumber energi dari apa yang ibu konsumsi. 

Namun, tahukah ibu bahwa tidak semua makanan mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Malah terdapat beberapa jenis makanan yang justru berdampak buruk bagi ibu hamil dan calon anak yang dikandungnya.
Oleh sebab itu, mulai sekarang ibu harus lebih berhati-hati memilih makanan yang akan ibu konsumsi pada saat hamil.

Berikut akan dijelaskan beberapa jenis makanan yang perlu ibu hindari pada saat masa kehamilan : 

1. Keju Lembut

Makanan yang satu ini dapat memberi efek buruk bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan di dalam keju tersebut mengandung bakteri penyebab infeksi yang disebut listeria. Lebih baik jangan memakan varian keju seperti gorgonzola, keju biru Denmark, brie, keju susu kambing, Camembert, Roquefort, dll.

Namun lebih baik, makan keju keras seperti parmesan dan cheddar yang sudah melalui proses pasteurisasi (mematikan organisme merugikan seperti bakteri). 

2.Daging dan Ikan yang Kurang Matang
Daging dan ikan sebenarnya merupakan sumber protein bagi ibu hamil. Namun pengolahan ikan dan daging yang tidak sempurna dapat berefek buruk bagi ibu hamil. karena kemungkinan terkandung bakteri dan toxoplasma yang bisa mengakibatkan infeksi.

Akan tetapi, apabila ikan dan daging tersebuut dimasak dengan matang makan mampu membunuh bakteri Listeria yang terdapat pada ikan dan daging sehingga aman ketika dikonsumsi.


3. Ikan Tinggi Merkuri
Ikan tinggi merkuri juga tidak dianjurkan di masa kehamilan. Jenis ikan seperti swordfish, tile-fish, king mackerel, bahkan ikan hiu harus dihindari ibu hamil. Maka sebagai pilihan, ikan salmon, tuna, dan cod bisa dikonsumsi, tentu dalam kondisi yang sudah matang ya.


4. Kerang Mentah
Kerang mentah juga tidak baik bagi ibu hamil. Karena dapat meningkatkan risiko kandungan bakteri, virus, racun, dan hal buruk lainnya. Namun, berbeda dengan kerang yang sudah dimasak dengan matang. Ibu hamil bisa memakannya dengan aman karena bakteri tersebut telah mati pada suhu tinggi. 


5. Makanan Simpanan
Ibu hamil juga harus menghindari makanan simpanan. Karena akan berbahaya jika mengonsumsi makanan yang sudah dibiarkan selama dua jam di udara terbuka tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan kontaminasi yang terjadi dan bisa menimbulkan bakteri yang merugikan.