Menghalau Stres dengan Lima Cara Ini

 
Menghalau Stres dengan Lima Cara Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Pembaca Laduni.id tentu paham bahwa ada banyak masalah yang dialami oleh manusia, bahkan masalah tersebut terkadang bisa berujung dengan stres. Selain masalah keluarga dan konflik antarsahabat, beban pekerjaan juga menjadi salah satu faktor yang rentan membuat seseorang mengalami stres.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang menjalani profesi yang sarat dengan tekanan, penting lho mengetahui teknik sederhana yang tepat supaya cepat fokus kembali pada tujuan kerja. Sebenarnya bagaimana sih cara kita menghilangkan stres tersebut?, berikut urainnya.

1. Ceriakan diri dengan makanan favorit

Ketika Anda sedang dilanda stres, menjamu diri sendiri dengan makanan favorit tanpa mengkhawatirkan berat badan dipercaya dapat meredakan tekanan yang Anda rasakan, lho. Ha ini didukung dengan studi yang dipublikasikan pada Journal of Proteome Research menemukan bahwa mengudap cokelat hitam sebanyak 1,4 ons mampu menurunkan hormon kortisol (hormon stres) serta katekolamin dalam tubuh. Jenis makanan ini juga dapat menurunkan rasa gelisah dan meningkatkan energi untuk lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan.

2. Bersikap baik kepada orang lain

Siapa yang tak senang dipuji? Bukan hanya Anda, orang lain sekitar Anda pun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, tebarkanlah kebaikan di lingkungan sekitar. Dan percayalah bahwa kebaikan yang Anda beri bakal kembali kepada Anda dalam bentuk kebaikan. Dengan begitulah Anda menabung untuk kebaikan Anda sendiri.

3. Berikan kasih sayang pada hewan

Nah, cara yang ketiga ini harus timbul dari diri sendiri untuk dapat menyayangi hewan. Hanya penyayang hewan lah yang mengerti bahwa rasa sayang dari hewan peliharaan bisa membuat Anda sejenak waktu untuk melupakan stres.

4. Rencanakanlah liburan

Cobalah untuk sejenak berfantasi dan berimajinasi tentang liburan impian Anda, kemudian rencanakanlah bagaimana Anda dapat mencapainya. Karena menurut salah satu penelitian, cara ini dapat melonggarkan tekanan dalam pikiran Anda.

5. Lakukanlah satu perbuatan baik

Hal-hal yang bernilai baik juga akan meredakan tingkat stress Anda, lho. Bersedekah, membantu anak kecil atau orangtua menyeberang jalan, dan sebagainya, misalnya, mampu menciptakan senyuman dan membuat hati yang sebelumnya sesak menjadi lebih lapang serta bahagia. Tidak percaya? Coba buktikan saja.